Apa Itu Right Issue yang Dilakukan BRI Serta Dampaknya Terhadap Harga Saham dan Investor

- 25 September 2021, 11:55 WIB
Berikut pengertian Right Issue yang dilakukan BRI serta dampaknya terhadap harga saham dan investor.
Berikut pengertian Right Issue yang dilakukan BRI serta dampaknya terhadap harga saham dan investor. /Dok. BRI

BERITA DIY – Berikut penjelasan mengenai Right Issue yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI serta dampaknya kepada harga saham dan investor.

BRI menawarkan 28,21 miliar lembar saham baru Seri B atas nama dengan nilai nominal Rp50 per saham atau sebanyak-banyaknya 18,62 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah PMHMETD I melalui aksi Right Issue.

Dana yang diperkirakan bisa diraup oleh BRI melalui skema Right Issue diperkirakan mencapai Rp41,15 triliun. Adapun jika diakumulasi dengan dana inbreng dari pemerintah, maka optimalisasi Right Issue BRI bisa bernilai Rp96 triliun.

Baca Juga: Apa Arti Syariah? Contoh Bank Syariah dan Saham Syariah dalam Transaksi Ekonomi

Dikutip dari Antara, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan dana dari hasil Right Issue nantinya akan digunakan perseroan mengembangkan ekosistem ultramikro untuk mengakselerasi ekonomi kerakyatan.

"Kami berkomitmen untuk memanfaatkan dana tersebut memberdayakan UMKM. Seperti yang sudah pernah saya sampaikan, 60 persen sampai 70 persen dananya akan digunakan untuk mengembangkan ekosistem ultramikro dan sisanya untuk memperkuat bisnis kecil dan mikro BRI," ujarnya dikutip dari Antara, Jumat, 24 September 2021.

Ia mengatakan pada masa pandemi ini mendapatkan kepercayaan dari pasar dalam dan luar negeri merupakan sebuah pencapaian besar, sehingga masuknya dana segar ke pasar modal sangat bagus untuk Indonesia.

BRI pun optimis mampu meningkatkan penyaluran kredit ultra mikro sebesar 14 persen per tahun dengan kesuksesan Right Issue ini.

Baca Juga: Dijamin Syariah, Apa Hukum Saham Dalam Islam? Ini Penjelasan Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Lantas apa sebenarya Right Issue yang diterapkan oleh BRI dan apa pula dampaknya bagi harga saham? Berikut BERITA DIY telah membuat rangkuman penjelasannya.

Pengertian Right Issue dan Dampaknya Pada Harga Saham

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x