Penyebab Insentif Kartu Prakerja Tidak Bisa Cair ke Rekening atau E-Wallet, Begini Cara Mengatasinya

- 24 September 2021, 13:30 WIB
ILUSTRASI - Penyebab insentif Kartu Prakerja tidak cair ke rekening atau e-wallet dan cara mengatasinya.
ILUSTRASI - Penyebab insentif Kartu Prakerja tidak cair ke rekening atau e-wallet dan cara mengatasinya. /Tangkap layar Instagram.com/@prakerja.go.id

BERITA DIY - Ketahui penyebab insentif Kartu Prakerja tidak bisa cair ke rekening atau e-wallet serta cara mengatasi agar insentif dapat cair ke rekening atau e-wallet penerima program Kartu Prakerja

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan manfaat berupa saldo biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif biaya mencari kerja sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan atau Rp2,4 juta dan insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp150 ribu. 

Saldo biaya pelatihan ini akan diterima setelah dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja dan harus digunakan untuk membeli pelatihan di platform digital. Sementara insentif biaya mencari kerja diberikan setelah penerima menyelesaikan pelatihan pertama. 

Baca Juga: Login dashboard www.prakerja.go.id dan Tak Lolos Kartu Prakerja Gelombang 21? Ini Cara Cek Pemakaian NIK

Insentif baik insentif biaya mencari kerja maupun pengisian survey diberikan secara non tunai dengan cara ditransfer ke rekening bank atau akun e-wallet yang didaftarkan. Lama proses pencairan insentif adalah tiga sampai lima hari kerja sejak tanggal penjadwalan insentif di dashboard akun.

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa penyebab insentif tidak bisa cair ke rekening atau e-wallet. Berikut penjelasan lengkapnya serta cara mengatasi masalah tersebut. 

  • Belum menyelesaikan pelatihan pertama atau mendapatkan sertifikat telah menyelesaikan pelatihan.

Syarat utama untuk mendapatkan insentif Kartu Prakerja adalah penerima Kartu Prakerja telah menyelesaikan pelatihan pertama dengan ditandai dengan adanya sertifikat pelatihan. Apabila terjadi masalah atau kendala pada sertifikat pelatihan, penerima dapat mencari solusinya di laman www.prakerja.go.id/tanya-jawab.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Prakerja untuk Gelombang 22, Beserta 5 Tips Lolos Agar Dapat Uang Rp2,55 Juta

  • Belum memberikan ulasan (review) dan penilaian (rating) di dashboard akun Prakerja

Untuk bisa mendapatkan insentif penerima Kartu Prakerja harus memberikan rating dan ulasan di dashboard akun Prakerja dengan cara masuk ke akun Prakerja, buka dashboard dan cek bagian Pelatihan Saya, jika sudah berwarna biru maka penerima dapat mengisikan ulasan dan rating. 

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X