Ciri dan Cara Membedakan Uang Asli yang Dikeluarkan Bank Indonesia dan Uang Palsu dengan Metode 3D

- 23 September 2021, 16:47 WIB
ILUSTRASI - Ciri-ciri uang asli dan cara membedakannya dengan uang palsu.
ILUSTRASI - Ciri-ciri uang asli dan cara membedakannya dengan uang palsu. /ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

BERITA DIY - Uang merupakan alat transaksi yang vital dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk keperluan jual beli. Uang yang resmi dan legal untuk digunakan dalam transaksi hanyalah uang yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI).

Bank Indonesia bertugas mengeluarkan mata uang sebagai alat pembayaran yang sah. Uang yang resmi dikeluarkan oleh BI memiliki ciri-ciri keaslian yang dapat menjadi tolak ukur membedakan uang asli dan uang palsu.

Pentinya fungsi uang dalam ekonomi menjadikan tidak sedikit oknum yang tidak bertanggung jawab mengedarkan uang palsu untuk keuntungan pribadinya. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui ciri-ciri uang asli agar tidak tertipu dalam bertransaksi.

Baca Juga: Syarat dan Cara Tukar Uang Rusak Jadi Baru di Semua Cabang Kantor Bank Indonesia, Perhatikan Hal Ini

Artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri uang asli yang dapat menjadi referensi masyarakat dalam mengetahui dan membedakan uang asli dengan uang palsu.

Ciri-ciri Uang Asli

  • Uang asli berbahan baku dari kertas khusus yang terbuat dari serat kapas.
  • Terdapat benang pengaman pada uang kertas rupiah pecahan Rp100.000, Rp50.000, dan Rp20.000.
  • Pada uang pecahan Rp100.000 dan Rp50.000, benang pengaman akan berubah warna bila dilihat dari sudut pandang tertentu.
  • Terdapat watermark pada semua pecahan uang kertas berupa gambar pahlawan Indonesia.
  • Uang kertas rupiah memiliki desain, ukuran, dan warna uang yang terlihat terang, jelas dan spesifik.
  • Pada bagian depan uang kertas rupiah, terdapat gambar tersembunyi berupa tulisan BI dalam bingkai persegi panjang yang akan terlihat dari sudut pandang tertentu. Gambar BI ini hanya terlihat pada pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, dan Rp10 ribu.

Baca Juga: Sempat Dituding Pakaian Adat China Dalam Uang Kertas 75 Ribu, Inilah Suku Tidung Indonesia

  • Pada pecahan Rp5 ribu, Rp2 ribu, dan Rp1.000 berupa tulisan BI serta angka 5, 2 dan 1 yang terlihat dari sudut pandang tertentu.
  • Pada bagian belakang ada gambar tersembunyi berupa 100, 50, 20, 10 yang terlihat di sudut pandang tertentu pada pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, dan Rp10 ribu.

Ciri-ciri uang asli sebagaimana diatas dapat diidentifikasi secara fisik. Adapun cara untuk melakukan cek perbedaan uang asli dan uang palsu dapat dilakukan dengan metode 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang).

Cara Membedakan Uang Asli dan Uang Palsu

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x