Apa Arti Syariah? Contoh Bank Syariah dan Saham Syariah dalam Transaksi Ekonomi

- 21 September 2021, 21:03 WIB
ILUSTRASI - Apa arti syariah, lalu pengertian ekonomi syariah yang di dalamnya ada unsur bank syariah dan ciri-ciri saham syariah yang diatur fatwa MUI.
ILUSTRASI - Apa arti syariah, lalu pengertian ekonomi syariah yang di dalamnya ada unsur bank syariah dan ciri-ciri saham syariah yang diatur fatwa MUI. /Tangkap layar www.bankbsi.co.id

BERITA DIY - Mulai menggeliatnya pertumbuhan ekonomi syariah, membuat kita makin mengenal saham syariah dan bank syariah. Lantas, apa arti syariah?

Terminologi syariah secara istilah adalah suatu sistem yang mengatur hubungan antara manusia dengan Allah, atau hubungan manusia dengan manusia.

Dalam praktiknya, syariah kerap disamakan dengan fiqih, meski keduanya punya perbedaan yang jelas.

Baca Juga: Daftar Saham Paling Meroket dan Paling Lesu di BEI 13-17 September 2021: Ada BUKA, IDEA, dan TEBE

Perbedaan antara syariah dan fiqih yakni: Syariah bersifat fundamental dengan cakupan yang sangat luas, sedangkan fiqih bersifat instrumental dan cakupannya terbatas.

Untuk itu, makna dan pengertian syariah dalam penerapannya dibatasi dengan meliputi ilmu fiqih. Keduanya tak lepas dari empat bidang pembahasan jika diklasifikasikan dalam Madzhab Imam Syafi’i antara lain ibadah, muamalah, uqubah, dan munakahah.

Elemen yang dikenal luas saat ini adalah muamalah. Di mana contoh cakupannya antara lain tentang hukum-hukum sosial, perdata, warisan, perdagangan, keuangan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Dijamin Syariah, Apa Hukum Saham Dalam Islam? Ini Penjelasan Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Ekonomi syariah

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X