Kereta Bandara YIA Mulai Beroperasi September 2021, Berikut Rute Pejalanan dan Tarif Promonya

- 30 Agustus 2021, 20:20 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarvest) Luhut B.Panjaitan bersama dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat soft launching KA Bandara YIA pada Jumat, 26 Agustus 2021.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarvest) Luhut B.Panjaitan bersama dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat soft launching KA Bandara YIA pada Jumat, 26 Agustus 2021. /Dok Kemenko Marves

BERITA DIY - Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo sudah dijadwalkan untuk mulai beroperasi September 2021. Kini pelaku perjalanan bisa menggunakan moda transportasi KA dari atau ke Bandara YIA.

Kementerian Perhubungan meresmikan peroperasian KA Bandara YIA ini lewat soft launching yang digelar kemarin, Jumat, 27 Agustus 2021 di Kulonprogo, Yogyakarta. Soft launching ini sekalin mengumumkan jadwal operasi komersil KA YIA.

“Kereta Api Bandra Yogyakarta International Airport akan beroperasi komersil mulai September 2021,”kata Kementerian Perhubungan di akun resmi Instagram Kemenhub @kemenhub151, Minggu, 29 Agustus 2021.

Baca Juga: Layanan Vaksin Tersedia di Bandara, Berikut Persyaratan, Proses dan Daftar Bandara

Meski dibuka komersil bulan September 2021, masih belum ada kepastian di tanggal berapa hanya keterangan di awal September saja.

Kehadiran KA Bandara YIA ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian serta aksesbilitas masyarakat sekitar.

Rencananya besok awal beroperasi, KA Bandara YIA akan melayani 30 perjalanan per hari dengan waktu tempuh 39 menit per perjalanan.

Untuk rute perjalanan KA Bandara YIA, kereta akan melayani tiga rute yaitu Stasiun Tugu Yogyakarta – Wates – YIA.

Dengan hadirnya moda transportasi ini, perjalanan menuju Bandara YIA dapat ditempuh hanya dengan 40 menit saja.

“Kehadiran KA Bandara YIA ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Yogyakarta ke Bandara YIA menjadi hanya 40 menit. Selain itu, akan disiapkan tariff promosi bagi pengguna jasa KA Bandara YIA,” terang Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x