Besaran Nominal PKH yang Cair Per KPM dan Cara Cek Daftar Penerima Bantuan Itu

- 30 Juli 2021, 13:51 WIB
ILUSTRASI - Besaran nominal bansos PKH dan cara cek daftar penerima bantuan.
ILUSTRASI - Besaran nominal bansos PKH dan cara cek daftar penerima bantuan. /Tangkap layar kemensos.go.id

BERITA DIY - Melalui artikel ini Anda dapat mengetahui besaran nominal PKH yang cair per keluarga. Serta cara untuk melakukan cek daftar penerima bantuan ini.

PKH dicairkan sebagai bantuan dari pemerintah bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Tujuannya agar nominal PKH tersebut mampu menaikkan daya beli masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok.

Namun sebelum mendapatkan bantuan dalam program PKH, masyarakat dapat mengecek apakah namanya sudah masuk ke dalam daftar penerima bantuan tersebut.

Baca Juga: Bantuan Rp3 Juta untuk Anak Usia 0 – 6 Tahun Cair Juli 2021: Akses Link Ini Pakai KTP, Cek Data Penerima PKH

Untuk membantu daya beli masyarakat penerima pemerintah memberikan sejumlah nominal bagi para penerima PKH. Namun besaran bantuan yang didapat nantinya berbeda-beda per KPM.

Perbedaan nominal tersebut bergantung pada anggota dari satu KPM. Meski demikian terdapat jumlah nominal dan maksimal yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) bagi para penerima PKH.

Jumlah nominal minimal yang ditetapkan sejumlah Rp 900 ribu. Sedangkan untuk jumlah maksimal pencairan BST mencapai nominal Rp 3 juta.

Baca Juga: BLT Rp4,4 Juta untuk Anak Sekolah Cair Juli 2021, Cek Daftar Penerima Bantuan Bansos Kemensos PKH di Sini

Untuk nominal atau besaran jumlah dibedakan menjadi beberapa kategori dalam satu KPM. Kategori-kategori tersebut seperti penyandang disabilitas dan lansia akan mendapat bantuan tunai senilai Rp 2,4 juta.

Untuk anak sekolah atau pelajar juga terdapat tiga kategori berbeda. Bagi pelajar SD akan mendapat Rp 900 ribu. Sedangkan pelajar SMP dapat Rp 1,5 juta, sementara itu untuk pelajar SMA akan mendapat PKH sejumlah Rp 2 juta.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x