Jelang Pencairan BLT UMKM, Segera Cek Penerima BPUM Tahap 2 Rp1,2 Juta di Link BRI dan BNI, Cair ke 3 Juta UKM

- 26 Juli 2021, 11:04 WIB
Ilustrasi: BLT UMKM atau Banpres BPUM Tahap 3 Rp1,2 juta dipastikan cair kepada 3 juta pelaku usaha mikro bulan Juli, Agustus, dan September.
Ilustrasi: BLT UMKM atau Banpres BPUM Tahap 3 Rp1,2 juta dipastikan cair kepada 3 juta pelaku usaha mikro bulan Juli, Agustus, dan September. /ANTARA/Rahmad

BERITA DIY - Informasi cek penerima BPUM atau BLT UMKM Tahap 3 Rp1,2 juta melalui link resmi BRI dan BNI. Pemerintah segera mencairkan bantuan yang berlaku bagi pelaku usaha UKM ini.

BPUM akan direalisasikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melalui dua bank Himbara yang digandeng, yaitu BRI dan BNI. Adapun anggaran digelontorkan kepada 3 juta penerima baru.

Tahap sebelumnya, BLT UMKM cair kepada 9,8 juta penerima. Sehingga, apabila tahap ini BPUM berhasil disalurkan kepada 3 juta pelaku UKM, maka jumlah keseluruhan penerima tahun ini mencapai 9,8 juta. 

Baca Juga: BPUM Rp1,2 Juta Cair Bulan Juli, Agustus dan September, Cek Nama di Daftar Penerima BLT UMKM di Link Resmi Ini

"Saat ini bulan Juli-September, kami minta kepada Kemenkop UKM, masih ada anggaran Rp3,6 triliun yang bisa diberikan kepada tiga juta peserta baru," Menkeu Sri Mulyani menyampaikan dalam konferensi pers, Sabtu, 17 Juli 2021, yang telah diterbitkan di BERITA DIY sebelumnya.

Lebih lanjut, bantuan BPUM Rp1,2 juta dicairkan mulai Juli ini hingga September secara bertahap hingga mencapai jumlah target penerima. 

Mengitup dari ANTARA pada Jumat, 23 Juli 2021, bulan Juli rencana BLT UMKM Rp1,2 juta ini menyasar kepada 1,5 juta pelaku usaha. Sementara itu, Agustus akan diperuntukan bagi 1 juta penerima. Periode September direncanakan rampung kepada sisanya berjumlah 500 ribu perusahaan mikro.

Baca Juga: Login Link BRI dan BNI untuk Cek BLT UMKM Rp1,2 Juta, BPUM Cair Kepada 1,5 Juta Penerima di Akhir Juli

Menteri Kemenkop UKM, Teten Masduki, mengatakan kepastian pendistribusian BLT UMKM telah dituangkan melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan telah diusulkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Sementara anggaran sebesar Rp3,6 trilun untuk 3 juta pelaku usaha mikro dengan nilai bantuan masing-masing sebesar Rp1,2 juta telah diusulkan alokasinya oleh Kemenkop UKM kepada Kementerian Keuangan melalui surat Nomor: 41/M.KUKM/V/2021," tambah Teten, dilansir dari ANTARA.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x