Login Link BRI dan BNI untuk Cek BLT UMKM Rp1,2 Juta, BPUM Cair Kepada 1,5 Juta Penerima di Akhir Juli

- 24 Juli 2021, 10:36 WIB
IIlustrasi - Kemenkop UKM menganggarkan Rp3,6 trilun untuk 3 juta penerima BLT UMKM atau BPUM Rp1,2 juta yang akan dicairkan secara bertahap mulai Juli hingga September.
IIlustrasi - Kemenkop UKM menganggarkan Rp3,6 trilun untuk 3 juta penerima BLT UMKM atau BPUM Rp1,2 juta yang akan dicairkan secara bertahap mulai Juli hingga September. /Dok. BRI

BERITA DIY - Masyarakat yang sedang menanti-nanti pencairan dapat login secara virtual melalui link BRI dan BNI. Kedua link tersebut bisa digunakan untuk cek penerima BLT UMKM Rp1,2 juta yang merupakan bantuan untuk para pelaku usaha mikro.

Bantuan yang juga dikenal dengan Banpres BPUM ini dicairkan oleh pemerintah melalui Kemenkop UKM untuk meringankan beban pengusaha kecil yang bisnisnya terdampak karena pembatasan virus corona.

Pemerintah menggelontorkan dana Rp3,6 triliun kepada target penerima baru yang mencapai 3 juta pelaku usaha. Adapun BLT UMKM ini dieksekusi secara bertahap terhitung bulan Juli hingga September.

Baca Juga: Jadwal Resmi Pencairan BPUM Rp 1,2 Juta Tahap 2 2021, BLT UMKM Ditransfer ke 1,5 Juta Orang BULAN INI

Oleh karena itu, masyarakat harus bersabar karena pencairan BPUM sedang dalam proses. Sementara itu, Kemenkop menargetkan penerima hibah BLT UMKM Rp1,2 juta sebanyak 1,5 juta perusahaan mikro pada akhir Juli.

Sedangkan sisanya, akan disalurkan pada bulan Agustus kepada 1 juta penerima dan 500 ribu pelaku usaha mikro akan mengantongi BPUM Rp1,2 juta pada bulan September. Sehingga, jumlah keseluruhan penerima BLT UMKM Juli-September mencapai 3 juta pelaku usaha.

"Secara total akan disalurkan kepada 3 juta pelaku usaha mikro yang beberapa di antaranya masih dalam proses migrasi dan cleansing jadi jumlah keseluruhannya mencapai Rp3,6 trilun," kata Menteri Kemenkop UKM, Teten Masduki dalam keterangannya pada Jumat, 23 Juli 2021, sebagaimana dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Cara Lapor jika BLT UMKM Tidak Cair Meskipun NIK KTP Muncul di Eform BRI Tahap 3 di eform.bri.co.id/bpum

Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menyatakan Kemenkeu akan mengeluarkan dana sebesar Rp3,6 triliun dalam program BLT UMKM Rp1,2 juta periode Juli-September kepada 3 juta penerima.

"Saat ini bulan Juli-September, kami minta kepada Kemenkop UKM, masih ada anggaran Rp3,6 triliun yang bisa diberikan kepada 3 juta peserta baru," Menkeu Sri Mulyani menyampaikan dalam konferensi pers, Sabtu, 17 Juli 2021.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x