BLT Dana Desa Rp300 Ribu Sudah Cair, Segera Cek Penerima di sid.kemendesa.go.id

- 19 Juli 2021, 12:50 WIB
BLT Dana Desa Rp300 ribu telah cair ke 5,13 juta penerima per 14 Juli 2021. Bagi masyarakat calon penerima bisa cek via link sid.kemendesa.go.id
BLT Dana Desa Rp300 ribu telah cair ke 5,13 juta penerima per 14 Juli 2021. Bagi masyarakat calon penerima bisa cek via link sid.kemendesa.go.id /Tangkap layar kemenkeu.go.id

BERITA DIY - BLT Dana Desa Rp300 ribu sudah cair secara bertahap. Masyarakat desa yang masih menunggu pencairan dapat cek status penerima melalui laman sid.kemendesa.go.id hanya menggunakan HP atau komputer/laptop yang terhubung dengan internet.

BLT Dana Desa Rp300 ribu merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat desa yang terdampak akibat Covid-19. Adapun kriteria penerima BLT Dana Desa ini adalah keluarga miskin di desa yang bukan penerima PKH, Kartu Sembako, dan Kartu Prakerja.

Adapun pendataan calon penerima BLT Dana Desa dilakukan oleh Kepala Desa/Tim Relawan Desa dengan mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga: Cek Daftar Penerima BLT Dana Desa di Link Ini, Berikut Cara Agar Dapat Bantuan Rp300 Ribu dari KemenDes PDTT

Pencairan BLT Dana Desa Rp300 ribu dilakukan pada bulan Juli ini. Kendati demikian, penyaluran bantuan tak semuanya berjalan mulus. Kendala kondisi geografis desa menjadi tantangan tersendiri dalam proses pendistribusian BLT Dana Desa.

"Penyaluran untuk desa-desa dengan geografis sangat sulit dijangkau terutama desa yang sangat luas dan memerlukan biaya transportasi sangat besar," sebagaimana dikatakan oleh Wakil Menteri PDTT Budi Arie Setiadi pada webinar Bantuan Pemerintah di Masa PPKM Darurat, Kamis, 15 Juli 2021.

Namun, penyaluran BLT Dana Desa tidak sepenuhnya mandek. Terbukti pencairan bantuan telah didistribusikan kepada 5,13 juta keluarga penerima manfaat (KPM) per tanggal 14 Juli 2021 lalu. 

Baca Juga: Syarat dan Cara Cek Daftar Penerima BLT Dana Desa yang Cair Juli 2021 Melalui Laman sid.kemendesa.go.id

"Per 14 Juli 2021 BLT Dana Desa sudah tersalurkan Rp5,8 triliun dengan jumlah penerima manfaat 5,13 juta KPM," Budi menambahkan. 

Sembari menunggu pencairan, masyarakat desa yang penasaran apakah terdaftar sebagai calon KPM atau tidak, bisa mengikuti tahapan berikut ini. Anda hanya perlu menyiapkan HP atau perangkat komputer/laptop yang terhubung dengan internet.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x