Cek Daftar Penerima BST Rp600 Ribu di Laman Resmi cekbansos.kemensos.go.id, Hati-hati Hoaks Penipuan

- 12 Juli 2021, 16:36 WIB
Masyarakat diminta selalu mengecek daftar penerima BST Rp600 ribu melalui  cekbansos.kemensos.go.id untuk menghindari hoaks yang beredar.
Masyarakat diminta selalu mengecek daftar penerima BST Rp600 ribu melalui cekbansos.kemensos.go.id untuk menghindari hoaks yang beredar. /Tangkapan layar: Instagram/@kemensosri

BERITA DIY - Masyarakat diminta untuk selalu cek daftar penerima BST Rp600 ribu di laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Beberapa hari lalu sempat beredar hoaks dalam bentuk pesan berantai WhatsApp mengenai pencairan BST. Pesan berantai BST berisi link dan pesan tersebut harus dibagikan kepada orang lain.

Dalam pesan berantai tersebut, dituliskan bahwa publik akan mendapatkan BST Rp300 ribu jika menyebarkan pesan ke lima grup dan dua puluh teman.

Baca Juga: Cek Bansos Kemensos Rp 600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id, Ini Cara Dapat BST dan Beras 10 kg Cair Juli 2021

Laporan demikian direspons cepat oleh Kemensos untuk mengonfirmasi tentang pesan berantai yang beredar di masyarakat itu.

"Saya minta tolong masyarakat untuk berhati-hati. Tidak mungkin kementerian itu menggunakan situs-situs semacam itu. Pasti kementerian menggunakan situs resmi (dalam menjalankan kebijakannya," kata Mensos Risma, sebagaimana dikutip dari Instagram resmi Kemensos @kemensosri, pada 9 Juli 2021.

"Pesan tersebut adalah hoaks. Kementerian Sosial TIDAK PERNAH membuat website untuk pendaftaran penerima bantuan sosial Rp300.000. Apalagi berbentuk pesan berantai," tulis akun @kemensosri, pada 7 Juli 2021.

Baca Juga: Info BPUM Tahap 2 atau Tahap 3: BLT UMKM Kapan Cair, Cara Cek Penerima, dan Penyebab KTP Tak Dapat Rp 1,2 Juta

Seperti yang telah diketahui, Kemensos berencana akan menyalurkan bantuan BST pada bulan Juli ini. Setiap bulan, penerima manfaat (PM) akan mengantongi Rp300 ribu.

Kabar baiknya, bulan Mei dan Juni akan dicairakan sekaligus pada bulan Juli. Sehingga, masyarakat yang berhak menerima BST akan mendapat Rp600 ribu.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x