BST Rp 600 Ribu Segera Cair Bulan Ini, Pencairan Mei dan Juni Akan Dirapel Pada Juli 2021: Berikut Jadwalnya

- 6 Juli 2021, 13:20 WIB
ILUSTRASI: Dana BST Rp600 ribu bulan Juli hanya cair satu kali, cek nama penerima secara online di link cekbansos.kemensos.go.id.
ILUSTRASI: Dana BST Rp600 ribu bulan Juli hanya cair satu kali, cek nama penerima secara online di link cekbansos.kemensos.go.id. /ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc

BERITA DIY – Program Bantuan Sosial Tunai (BST) oleh Kementerian Sosial (Kemensos) bakal segera cair sekaligus, merapel keterlambatan dua bulan sebelumnya, yakni Mei dan Juni.

Masyarakat yang belum dapat mencairkan haknya dapat melakukan cek nama masing-masing melalui cekbansos.kemensos.go.id, apakah terdaftar sebagai penerima BST 2021 atau tidak.

Link cekbansos.kemensos.go.id merupakan link resmi Kemensos yang dapat dipergunakan untuk cek nama penerima dana bantuan tunai lainya seperti BPNT dan PKH.

Baca Juga: BST 600 Ribu Resmi Cair Juli 2021, Buruan Cek Online Penerima Bansos Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id

Pada Juli 2021, BST Rp300 ribu akan cair 2 kali lipat menjadi Rp 600 Ribu kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Hal ini karena pencairan yang seharusnya dilakukan periode Mei dan Juni dirapel penyalurannya pada Juli ini.

Dilansir dari kemensos.go.id dalam keterangan pers usai Sidang Kabinet Paripurna melalui Video Conference, di Jakarta, Senin, 5 Juli 2021, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar pencairan Bansos kemensos dapat segera dicairkan agar masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya.

Mengingat pelaksanaan PPKM Darurat yang berlangsung pada 3 hingga 20 Juli 2021, BST diharap mampu meringankan beban masyarakat rentan yang terdampak pandemi ini.

Merespon hal ini, Mensos Tri Rismaharini mengatakan bahwa penyaluran sejumlah bansos akan segera dilakukan terlebih untuk BST. Mengenai jadwal pencairan, Risma berharap BST dapat dicairkan pekan ini atau paling lambat pekan kedua bulan Juli.

“Pada Mei dan Juni akan diberikan Rp600 ribu sekaligus. Tapi saya minta jangan diijonkan dan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja,” kata Risma.

Meskipun dirapel, Risma berharap agar dana BST tetap digunakan hanya untuk membeli dan memenuhi kebutuhan pokok saja.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x