Bansos BST Kemensos Rp300 Ribu Cair Bulan Juni 2021? KPM Bisa Cek Kapan Cair Pakai eKTP dan HP di Link Ini

- 27 Juni 2021, 09:50 WIB
Ilustrasi dana Bansos BST Kemensos Rp300 ribu yang dijadwalkan cair bulan Juni 2021, KPM dapat pakai eKTP dan HP untuk cek onlina kapan bantuan cair di cekbansos.kemensos.go.id.
Ilustrasi dana Bansos BST Kemensos Rp300 ribu yang dijadwalkan cair bulan Juni 2021, KPM dapat pakai eKTP dan HP untuk cek onlina kapan bantuan cair di cekbansos.kemensos.go.id. /Instagram/@bank_indonesia

BERITA DIY - Bansos BST Rp300 ribu dijadwalkan cair Kemensos akan cair bulan Juni 2021 ini. Penerima yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan menerima Bansos BST Kemensos Rp300 ribu dapat diketahui dengan cek di cekbansos.kemensos.go.id.

Sesuai dengan perpanjangan Bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Januari-April 2021, bansos akan disalurkan kembali di bulan Mei dan Juni 2021. Nominal bantuan yang akan cair per bulannya sama dengan penyaluran sebelumnya yaitu Rp300 ribu per KPM.

KPM dapat mengetahui kapan Bansos BST Kemensos Rp300 ribu cair dengan melakukan cek status penyaluran Bansos BST Kemensos Rp300 ribu di cekbansos.kemensos.go.id. KPM hanya perlu menyiapkan eKTP dan HP untuk cek bantuan secara online.

Baca Juga: Bansos BST Kemensos Rp300 Ribu Juni 2021 Belum Cair? Cek Status Bantuan di cekbansos.kemensos.go.id

EKTP digunakan KPM untuk memasukkan detail alamat dan nama lengkap sesuai dengan yang tertera di eKTP. Adapun HP digunakan untuk melakukan cek online di laman cekbansos.kemensos.go.id yang disediakan Kemensos untuk melakukan cek bansos.

Hal yang perlu diperhatikan KPM saat melakukan cek Bansos BST Kemensos Rp300 ribu di cekbansos.kemensos.go.id adalah data yang muncul merupakan data KPM dalam satu desa atau kelurahan yang memiliki nama sama. KPM perlu mencermati keterangan umur untuk memastikan data tersebut adalah kepunyaannya.

Dirincikan Berita DIY, berikut ini adalah cara cek Bansos BST Kemensos Rp300 ribu pakai eKTP dan HP di laman cekbansos.kemensos.go.id:

Baca Juga: Pakai eKTP, Cek Penerima dan Status Bansos BST Kemensos Rp300 ribu yang Diperpanjang Juni 2021 di Link Ini

  1. Buka web browser atau google melalui HP.
  2. Kunjungi laman website cekbansos.kemensos.go.id.
  3. Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa sesuai alamat di eKTP.
  4. Masukkan nama lengkap sesuai eKTP.
  5. Masukan 8 huruf kode yang tertera dalam kotak kode.
  6. Apabila kode sulit atau salah memasukkan kode, KPM dapat meminta kode verifikasi baru.
  7. Klik tombol CARI DATA.
  8. Apabila terjadi error segarkan halaman atau lakukan pengecekan secara ulang.

Kemensos pada April 2021 telah memperbarui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS. Perbaruan tersebut menyebabkan data yang awalnya tersimpan di laman dtks.kemensos.go.id, saat ini beralih ke cekbansos.kemensos.go.id yang lebih efisien karena laman tersebut dapat melakukan cek untuk Bansos BST, PKH, BPNT, dan bansos lainnya.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x