Bansos BST Rp300 Ribu per-KK PKH Mulai Cair Januari Ini, Mensos Pesan Penggunaan Dana yang Bijak

- 11 Januari 2021, 08:43 WIB
Mensos Tri Rismaharini berikan pesan penggunaan dana bansos yang bijak.
Mensos Tri Rismaharini berikan pesan penggunaan dana bansos yang bijak. /Dok. kemensos.go.id

BERITA DIY - Dana Bantuan Sosial Tunai atau BST sejumlah Rp300 ribu per-KK PKH mulai cair 4 Januari 2021 lalu dan masih dalam proses penyaluran ke KPM PKH yang dapat dicek melalui laman dtks.kemensos.go.id.

Dana bantuan sosial ini diberikan dalam rangka membantu menunjang kebutuhan ekonomi keluarga kurang mampu khususnya di kala pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung lebih dari 8 bulan lamanya.

Mensos Tri Rismaharini berpesan agar penerima bansos lebih bijak dalam meggunakan dana bantuan, seperti peningkatan kesehatan keluarga, pendidikan anak, mengurangi beban keluarga, modal usaha, dan sebagian dapat ditabung.

Baca Juga: Punya Kartu KIS Bisa Dapat BST Rp300 Ribu, Akses Laman dtks.kemensos.go.id dan Masukkan ID KIS

Baca Juga: BLT BPUM UMKM Rp 2,4 Juta Hanya Cair Hingga 31 Januari 2021, Lakukan Ini untuk Klaim Bantuan

Selain ini, dirinya menegaskan agar bantuan ini tidak dipergunakan untuk keperluan pribadi yang tidak penting seperti membeli rokok dsb. 

Nantinya, pada bulan Februari, pemerintah akan memberikan alat untuk memantau penggunaan setiap dana Bansos yang diberikan Kemensos

Bantuan BST Rp300 ribu akan diberikan sebanyak 4 kali selama 4 bulan, yaitu pada Januari, Februari, Maret, dan April 2021 serta disalurkan melalui PT POS Indonesia untuk diantarkan langsung ke KPM PKH.

Selain Bansos BST Rp300 ribu, pada 4 Januari 2021 lalu, pemerintah juga mulai menyalurkan bantuan tunai lainnya seperti program Sembako/BPNT.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Kemensos RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x