Bansos BST Rp 300 Ribu Cair 4 Januari 2021, Begini Cara Cek Online Daftar Penerima Pakai KTP

- 31 Desember 2020, 08:58 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan mencairkan bantuan sosial tunai atau bansos BST Rp 300 ribu per bulan pada 4 Januari 2021 ini. Berikut cara cek daftar penerima menggunakan NIK KTP.
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan mencairkan bantuan sosial tunai atau bansos BST Rp 300 ribu per bulan pada 4 Januari 2021 ini. Berikut cara cek daftar penerima menggunakan NIK KTP. /kemensos.go.id/

BERITA DIY - Bantuan sosial tunai atau bansos BST Rp 300 ribu per bulan akan kembali cair pada 4 Januari 2021 ini. Masyarakat bisa cek online daftar penerima menggunakan NIK KTP di link dtks.kemensos.go.id

Pencairan bansos BST pada 4 Januari 2021 ini disampaikan Menteri Sosial Tri Rismaharini usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Selasa, 29 Desember 2020 lalu.

"Dengan PT POS mulai disalurkan pada 4 Januari (2021). Kita harap dalam satu minggu bisa selesai di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus di Papua berbeda," kata Risma dalam konferensi pers usai rapat terbatas itu.

Baca Juga: Hore! Bansos BST PKH Cair Lagi, Ini Cara Cek KTP di dtks.kemensos.go.id Dapat Rp 300 Ribu per KK

Baca Juga: Daftar Bantuan Tahun 2021: BPNT, PKH, BST, Kartu Prakerja, BLT Dana Desa, Diskon Listrik

Bantuan Bansos BST Rp 300 ribu per KK ini akan cair setiap bulan dari Januari hinga April 2021.

Pemerintah sendiri telah menyiapkan anggaran sebesar Rp12 triliun untuk diberikan kepada 10 juta penerima manfaat bantuan ini.

Khusus untuk masyarakat daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang sebelumnya mendapatkan bantuan sembako, pada tahun 2021 ini bantuan akan diganti menjadi BST.

Sebagai informasi, di tahun 2021 sendiri, penyaluran bantuan sosial akan dimulai serentak pada minggu pertama di bulan Januari guna menjaga perputaran ekonomi. Meski demikian, terdapat mekanisme khusus untuk beberapa daerah terpencil.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x