Cara Dapat Bantuan BST Bansos PKH yang Cair Bulan Ini, Cek NIK KTP di dtks.kemensos.go.id

- 4 Desember 2020, 10:40 WIB
Cara dapat bantuan BST Bansos Rp 300 ribu per KK PKH yang cair bulan ini, cek online daftar penerima di dtks.kemensos.go.id pakai NIK KTP.
Cara dapat bantuan BST Bansos Rp 300 ribu per KK PKH yang cair bulan ini, cek online daftar penerima di dtks.kemensos.go.id pakai NIK KTP. /instagram/@kemensosri

BERITA DIY - Kementerian Sosial memberikan bantuan sosial tunai (BST) atau bansos Rp 300 ribu per KK PKH yang akan cair pada bulan Desember 2020 ini. Cek online daftar penerima di link dtks.kemensos.go.id pakai NIK KTP.

Masyarakat yang merasa memenuhi syarat sebagai keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) yang belum dapat bantuan ini bisa lapor ke kanal aduan yang disediakan Kemensos.

Karena bantuan ini sudah cair sejak bulan April-Juni 2020 lalu sebesar Rp600 ribu per bulan, namun dikurangi menjadi Rp300 ribu per bulan pada Juli-Desember 2020.

Baca Juga: Cara Dapat Uang Rp 1 Juta dari Kartu Prakerja, Login www.prakerja.go.id Daftar Lomba Ini Sekarang

Baca Juga: Nomor eKTP Tidak Tercatat di eform.bri.co.id/bpum? Tenang, Ini Cara BLT Banpres UMKM BPUM Cair

Bantuan ini juga akan kembali cair di tahun depan, Januari-Juni 2020 namun nominalnya berkurang menjadi Rp200 ribu per bulan.

Bahkan, Menteri Sosial Juliari P. Batubara membuka kuota tambahan untuk penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 20.000-an KPM. Kuota baru BST diprioritaskan untuk daerah yang penyerapan bantuannya dinilai cepat.

"Kami memutuskan untuk membuka kuota baru BST sebanyak 20.000-an KPM. Saya minta pemerintah daerah kabupaten/kota untuk bergerak cepat mengajukan datanya," kata Mensos Juliari di Jakarta (23/11) dikutip dari laman resmi Kemensos.

Pembukaan atau penambahan kuota baru BST ini dilakukan dengan pertimbangan karena masih ada masyarakat terdampak pandemi yang belum tersentuh bantuan. Kemudian juga karena anggarannya masih tersedia.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x