Jangan Sampai Diblokir, Ini Cara Daftar Pelatihan Kartu Prakerja agar Insentif Segera Cair

- 26 November 2020, 16:58 WIB
Cara daftar pelatihan Kartu Prakerja lewat www.prakerja.go.id.
Cara daftar pelatihan Kartu Prakerja lewat www.prakerja.go.id. /Instagram @prakerja.go.id

BERITA DIY-Peserta program Kartu Prakerja yang telah dinyatakan lolos seleksi di setiap gelombang harus segera memilih dan mendaftar pelatihan Kartu Prakerja dengan cara login di akun www.prakerja.go.id, agar kepesertaan tak diblokir dan insentif segera cair.

Untuk mengetahui lolos atau tidaknya seleksi Kartu Prakerja di setiap gelombang, pendaftar Kartu Prakerja akan disampaikan melalui pesan SMS di nomor HP yang didaftarkan, atau melalui login di akun www.prakerja.go.id.

Setelah dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja, pesera harus segera melakukan pembelian pelatihan. Batas waktu pembelian pelatihan tersebut adalah 30 hari setelah dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja.

Baca Juga: 9 Juta KK Dapat Bansos BST Rp300 Ribu per KK, Cek Nama Penerima di Link Ini

Apabila dalam batas waktu tersebut peserta yang dinyatakan lolos seleksi belum melakukan pembelian pelatihan melalui login di www.prakerja.go.id, maka kepesertaan Kartu Prakerja akan dicabut atau diblokir, hal ini juga berakibat pada insentif yang gagal cair ke rekening atau e-wallet peserta Kartu Prakerja.

Berikut cara daftar pelatihan Kartu Prakerja agar insentif segera cair dan kepesertaan tak diblokir:

  1. Login ke akun www.prakerja.go.id
  2. Cek dashboard Kartu Prakerja, dan pastikan dana pelatihan sudah masuk
  3. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia
  4. Pilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhanmu
  5. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja
  6. Batas waktu pembelian pelatihan yaitu 30 hari sejak menerima SMS pengumuman diterima. Jika lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut/diblokir dan insentif gagal cair.

Baca Juga: Cara Cek Subsidi Gaji Dapat BSU Guru dan Tenaga Honorer di Info GTK Login info.gtk.kemdikbud.go.id

Bantuan Kartu Prakerja ini tidak diberikan dalam bentuk Kartu Fisik, namun Nomor Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan.

Maka, pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja agar menjaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja milik masing-masing.

Peserta Kartu Prakerja hanya dapat mengikuti satu kali pelatihan, untuk itu penyelenggara Kartu Prakerja berharap peserta Kartu Prakerja dapat memilih pelatihan dengan seksama.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x