Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Menekankan Masyarakat Agar Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan

- 4 Agustus 2020, 16:46 WIB
Poster posko terpadu Covid-19 Kabupaten Bantul.
Poster posko terpadu Covid-19 Kabupaten Bantul. /Dok Pemkab Bantul/https://corona.bantulkab.go.id/

BERITA DIY  - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menekankan kepada masyarakat Bantul agar selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 agar penyebaran dan penularan wabah virus corona jenis baru itu tidak semakin meluas.

Baca Juga: Banyak Dokter Meninggal Akibat Covid-19, Hasil Telusuran IDI Ternyata Ini Penyebabnya

"Guna mengendalikan agar tidak semakin luas wabah Covid-19 perlu kita tekankan protokol kesehatan yang ada dan sudah kami sampaikan itu harus benar-benar dijalankan secara disiplin di masyarakat," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa di Bantul, Selasa dilansir dari jogja.antaranews.com.

Menurut dia, penerapan protokol kesehatan perlu dijalankan secara disiplin oleh masyarakat, karena jika dikaitkan dengan status risiko penyebaran virus corona yang ada di DIY, bahwa kabupaten/kota di seluruh DIY sudah masuk pada transmisi lokal atau penularan lokal.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kematian Editor Metro TV Yodi Prabowo di Pinggir Jalan Tol

"Dan ini menjadikan tracking, tracking riwayat perjalanan dari seseorang yang ditemukan positif Covid-19 menjadi lebih sulit lagi untuk menyatakan bahwa dia berasal dari luar daerah," kata Sri Wahyu yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bantul itu.

Dia pun juga mengingatkan kembali kepada masyarakat secara luas bahwa beberapa kasus positif COVID-19 yang ditemukan di Bantul akhir-akhir ini atau penularan yang meluas itu terjadi pada kelompok-kelompok yang berkontak erat dekat pada suatu kegiatan-kegiatan yang dihadiri orang banyak.

Baca Juga: OPPO Reno 4 Rilis 6 Agustus 2020, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

"Untuk itu kami mengingatkan kembali bahwa pemakaian masker sekali lagi tidak hanya dipakai di luar rumah, tetapi harus dipatuhi secara disiplin pada saat kita menghadiri suatu kegiatan dimana di situ hadir banyak orang," katanya.

Baca Juga: 302 Karyawan Postif Covid-19, Freeport Lockdown Selama 4 Bulan

Dia mengatakan, apalagi banyak orang yang heterogen, dan bermacam-macam dari sisi riwayat masing-masing dan mereka sendiri tidak mengetahui status kesehatannya bagaimana.

"Makanya kalau kita menghadiri suatu kegiatan atau acara yang dihadiri banyak orang, maka sebisa mungkin kita menjaga jarak, sebisa mungkin menghindari kerumunan, kita tidak tahu orang-orang di sekitar kita apakah status kesehatannya baik," katanya.

Baca Juga: Diduga Sebar Hoaks, Anji dan Hadi Pranoto Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Terkait data kasus Covid-19 di Bantul yang disampaikan Dinkes Bantul per Senin 3 Agustus 2020 menyebutkan bahwa total kasus positif sebanyak 252 orang, dengan dinyatakan sembuh sebanyak 151 orang, sedangkan kasus meninggal enam orang, sehingga pasien positif yang masih dirawat berjumlah 95 orang.***

Editor: Galih Nur

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x