Mengkampanyekan Gerakan Serbu IkanKu oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo

- 1 Agustus 2020, 16:50 WIB
Gerakan
Gerakan /Galih Nur Wicaksono/Beritadiy

BERITA DIY - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengkampanyekan gerakan "Serbu IkanKu" dalam rangka untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat dan menyatukan antara pemasok dan permintaan di sektor kelautan dan perikanan kabupaten Kulonprogo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo Sudarna di Kulonprogo, Sabtu, mengatakan masyarakat Kulonprogo mempunyai berbagai potensi perikanan, namun tingkat konsumsi makan ikan belum tinggi, terlihat dari angka konsumsi makan ikan masyarakat Kulon Progo tahun 2019 yang baru mencapai angka 24,60 kg/kapita/tahun.

"Angka tersebut masih di bawah angka konsumsi makan ikan DIY yang berada pada angka 30,18 kg/kapita/tahun. Untuk itu, kami mengkampanyekan gerakan "Serbu IkanKu"," kata Sudarna seperti dilansir dari jogja.antaranews.com.

Menurut dia, permasalahan tersebut ada berapa faktor. Pertama, dari sisi suplai terlihat bahwa komoditas perikanan yang ada di Kulonprogo kurang bervariatif dengan jumlah yang belum dapat menjangkau semua masyarakat Kulonprogo. Kedua, dari sisi permintaan, permintaan masyarakat belum banyak. Dari sisi permintaan ini beberapa disebabkan karena pengaruh budaya, keterbatasan teknis pengolahan masyarakat, dan kurangnya akses masyarakat akan menu ikan.

Selama ini, kata Sudarna, DKP Kulonprogo sudah berupaya mengatasi permasalahan ini baik pada sisi suplai dan permintaan. Langkah tersebut diantaranya adalah mendorong peningkatan produksi komoditas perikanan secara luas kepada pembudi daya/nelayan, mendorong/menguatkan/membimbing kelompok pengolahan dan pemasaran produk perikanan. Adapun dari sisi permintaan, DKP berupaya meningkatkan kegiatan promosi, pameran, gerakan memasyarakatkan makan ikan, dan berbagai perlombaan.

"Serbu IkanKu adalah upaya terintegrasi mengatasi permasalahan suplai dan permintaan sektor kelautan dan perikanan di Kulonprogo. Melalui gemar ikan, lomba cipta menu ikan, bazaar Serbu IkanKu, aspek legalitas dan kerja sama program lainnya “Serbu IkanKu” akan mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat, yang ditopang oleh adanya peningkatan ketersediaan produksi ikan, pengolahan dan pemasaran produk perikanan," katanya.

Dengan terwujudnya peningkatan konsumsi ikan masyarakat, yang ditopang oleh adanya peningkatan ketersediaan produksi ikan, pengolahan dan pemasaran produk perikanan maka daya saing produk perikanan secara keseluruhan akan meningkat.

"Selanjutnya pada gilirannya derajat kesehatan masyarakat akan meningkat seiring pula dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat pelaku utama sektor kelautan dan perikanan di Kulonprogo," katanya.***

Editor: Galih Nur

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x