Menilik Idul Adha di Gunungkidul saat Pandemi

- 31 Juli 2020, 10:27 WIB
Pelaksanaan sholat ied di masjid Al Amin oleh masyarakat Padukuhan Dungsuru, 31/07
Pelaksanaan sholat ied di masjid Al Amin oleh masyarakat Padukuhan Dungsuru, 31/07 /Galih Nur Wicaksono/Beritadiy

BERITA DIY - Ada yang berbeda dalam momentum perayaan Idul Adha tahun ini, terutama di daerah Gunungkidul. Berdasarkan pantauan Berita DIY di Dusun Dungsuru, Desa Pilangrejo dan Dusun Kepuh Sari, Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, untuk pertama kalinya salat Idul Adha dapat diselenggarakan secara berjamaah di masa Pandemi Covid-19, setelah sebelumnya pelaksanaan salat Idul Fitri yang hanya berlangsung di rumah masing-masing.

"Pada saat sholat Idul Fitri kemarin di rumah masing-masing, semula pelaksanaan salat Idul Fitri ingin dilaksanakan di Masjid, namun karena kondisi belum memungkinkan oleh pemerintah dianjurkan untuk salat dirumah," kata Pak Sugiyono selaku khatib sekaligus imam masjid Al Amin pada Jumat, 31 Juli 2020. 

Perayaan Idul Adha 1441 H yang jatuh pada hari Jumat, 31 Juli 2020 dilaksanakan secara berjamaah oleh warga Dusun Dungsuru di masjid Al Amin. Pelaksanaan salat kali ini sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Hal ini terlihat adanya batas jarak satu shaf antar-jamaah yang melaksanakan salat bahkan tiap jamaah menggunakan masker untuk antisipasi penularan Covid-19.

Tetap berjaga jarak 1 shaf demi pencegahan Covid-19 namun tetap melaksanakan ibadah sholat ied.
Tetap berjaga jarak 1 shaf demi pencegahan Covid-19 namun tetap melaksanakan ibadah sholat ied. Beritadiy

Tak hanya itu, perayaan Idul Adha bagi warga Dusun Dungsuru kali ini pertama kali melaksanakanya di lingkungan masjid setelah bertahun-tahun mereka melaksanakan salat hari raya, baik Idul Fitri ataupun Idul Adha di lapangan Wotgaleh, Desa Pilangrejo.

Namun karena keadaan pandemi saat ini belum diperbolehkan membuat kerumunan, akhirnya pelaksanaan dilakukan di lingkungan masjid.

"Saya kira ini sebagai momentum kesempatan mereka (jemaah) karena rindu masjid, sudah lama tidak ke masjid dan ini ada kesempatan untuk salat ke masjid, maka ada suasana yang lain dan harapannya masjid dapat digunakan kembali secara normal," kata Pak Sugiyono.

Baca Juga: Menengok Salat Idul Adha Presiden Jokowi di Istana Bogor

Halaman:

Editor: MR Firmansyah

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x