Cap Go Meh Adalah Apa dan Tanggal Berapa Perayaan Cap Go Meh 2023? Simak Sejarah Singkatnya

- 28 Januari 2023, 17:10 WIB
Ilustrasi Cap Go Meh. Ketahui penjelasan Cap Go Meh adalah apa dan tanggal berapa perayaan Cap Go Meh 2023, serta sejarah singkatnya.
Ilustrasi Cap Go Meh. Ketahui penjelasan Cap Go Meh adalah apa dan tanggal berapa perayaan Cap Go Meh 2023, serta sejarah singkatnya. /PEXELS/khoa vo

BERITA DIY - Simak informasi Cap Go Meh adalah apa dan tanggal berapa perayaan Cap Go Meh 2023, serta sejarah singkatnya.

Banyak yang saat ini mencari tahu apa itu Cap Go Meh dan tanggal berapa perayaan Cap Go Meh 2023.

Selain itu, ada juga yang mencari mengenai sejarah singkat Cap Go Meh.

Perayaan tahun baru China sudah berlangsung pada 23 Januari 2023 dan kini akan dilanjutkan dengan perayaan Cap Go Meh.

Setelah perayaam Imlek, masyarakat keturunan Tionghoa akan melaksanakan perayaan Cap Go Meh pada hari ke-15 tahun baru China. Pada kalender masehi, Cap Go Meh akan digelar pada 5 Februari 2023 bertepatan dengan hari Minggu.

Baca Juga: 5 Makanan khas Saat Cap Go Meh, Sajian Penutup Rangkaian Perayaan Imlek

Lalu, apa itu Cap Go Meh?

Dikutip dari website Universitas Ciputra, Cap Go Meh dirayakan pada hari ke-15 Tahun Baru Imlek. Perayaan ini memang diturunkan dari generasi ke generasi dalam komunitas Tionghoa-Indonesia.

Istilah 'Cap Go Meh' sendiri berasal dari dialek Tiociu atau Hokkien, 'Cap Go' yang berarti 'lima belas', dan 'Meh' yang memiliki arti 'malam'. Jadi terjemahan 'Cap Go Meh' dalam bahasa Indonesia adalah 'malam kelima belas'.

Sebutan Cap Go Meh sendiri hanya ada di Indonesia dan Malaysia karena pengaruh bahasa Hokkien. Sementara di Tiongkok, perayaan ini dikenal dengan nama Yuánxiojié atau Shàngyuánjié.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x