BMKG Yogyakarta: Waspada Gelombang Tinggi 6 Meter di Pantai Selatan Jogja hingga Tanggal Ini

- 25 Mei 2022, 08:32 WIB
Ilustrasi Pantai Parangtritis dari Bukit Watugupit Paralayang Jogja. BMKG Yogyakarta mengeluarkan peringatan ada gelombang tinggi hingga 6 meter di Pantai Selatan Jogja hingga Kamis, 26 Mei 2022 mendatang.
Ilustrasi Pantai Parangtritis dari Bukit Watugupit Paralayang Jogja. BMKG Yogyakarta mengeluarkan peringatan ada gelombang tinggi hingga 6 meter di Pantai Selatan Jogja hingga Kamis, 26 Mei 2022 mendatang. /ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

BERITA DIY - BMKG Yogyakarta mengeluarkan peringatan ada gelombang tinggi hingga 6 meter di Pantai Selatan Jogja hingga Kamis, 26 Mei 2022 mendatang.

Sejumlah Pantai Selatan tak hanya di Yogyakarta, seperti di Jawa Tengah dan Jawa Barat diprediksi BMKG juga berpotensi mempunyai gelombang tinggi laut.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Yogyakarta International Airport (YIA) Warjono menyatakan gelombang tinggi ini akan merata di Pantai Selatan DIY, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat yang umumnya berawan hingga hujan ringan.

Baca Juga: Cara Cek Banjir Online di Java Floods Google Maps untuk Ketahui Keadaan Banjir Rob Semarang dan Jakarta

Warjono juga menyampaikan jika gelombang tinggi di perairan Pantai Selatan akan terjadi mulai Selasa, 24 Mei 2022 pada saat pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

BMKG mencatat, tinggi gelombang yang bervariasi, ada dari 1,5 meter hingga 6 meter. Kemudian, ada 1,5 meter hingga 5 meter.

"Untuk tinggi gelombang laut memang berkisar antara 1,5 meter hingga 6 meter," kata Warjono.

Baca Juga: Kondisi Terkini Banjir Rob di Semarang: Apa Penyebab Terjadinya dan Daftar Wilayah yang Terdampak

Penyebab adanya gelombang tinggi air laut adalah tiupan angin kencang dari arah tenggara yang berkekuatan 2-20 knot.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x