Bandara Kertajati Jadi Bengkel dan Parkir Pesawat: Dulu Gusur Petani dan Kini Impor Beras

- 31 Maret 2021, 08:44 WIB
Bandara Internasional  Kertajati, Majalengka, Jawa Barat selain untuk penumpang dan kargo juga siap untuk layanan perawatan pesawat.
Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat selain untuk penumpang dan kargo juga siap untuk layanan perawatan pesawat. /Twitter.com/@infobijb

BERITA DIY - Selain dioperasikan untuk mengangkut penumpang dan kargo, Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka, akan difungsikan untuk Maintenance, Repair, Overhaul (MRO) atau perawatan pesawat.

Hal tersebut merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Pun rencana menjadikan Bandara Kertajati menjadi bengkel pesawat, kini telah ditindaklanjuti oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Bandara Kertajati akan difokuskan juga pada MRO sehingga semua pesawat bisa maintenance di sana. Kita tahu juga bisnis bandara itu tidak hanya penumpang, ada juga kargo dan perawatan. Tadi dibahas agar Kertajati bisnis juga pada nonpenumpang, kalau kargo sudah dimulai," kata Emil, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Akan Diresmikan Presiden Jokowi 1 April, Dua Ruas Tol Baru JORR II Mulai Rampung

Emil menuturkan, ada maskapai penerbangan internasional yang minat membuka MRO di Bandara Internasional Kertajati dan hal itupun sudah dilaporkan kepada Presiden RI saat pihaknya menghadiri rapat terbatas di Jakarta.

"Juga saya laporkan ke Pak Presiden ada pihak penerbangan internasional di Asia yang juga berminat membuka MRO maskapainya di Kertajati," tuturnya.

Baca Juga: Link Live Streaming Kualifikasi Piala Dunia 2022: Luksemburg vs Portugal Rabu, 31 Maret 2021 01:45 WIB

Menurut dia, Bandara Internasional Kertajati akan optimal beroperasi ketika Tol Cisumdawu selesai dibangun.

"Bandara Kertajati ini belum berfungsi optimal karena Tol Cisumdawu belum selesai. Tapi, tadi disampaikan Menteri PUPR bahwa Desember 2021 akan terhubung," ujarnya.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x