Pesawat Kargo Terbesar Kedua di Dunia Mendarat di Bandara Yogyakarta International Airport

- 10 Maret 2021, 17:42 WIB
Pesawat terbesar kedua dunia Antonov AN 124-100 mendarat di Bandara YIA
Pesawat terbesar kedua dunia Antonov AN 124-100 mendarat di Bandara YIA /twitter.com/pertamina_mor4

BERITA DIY – Pesawat terbesar kedua di dunia, Antonov AN 124-100 mendarat dengan mulus di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, 10 Maret 2021. Pesawat buatan Rusia ini akan mengangkut 62 ton barang eksport ke LCK Colombus Amerika Serikat.

"Pagi ini, kita menyaksikan pendaratan perdana pesawat jenis Antonov AN 124-100. Pesawat ini buatan Rusia dan merupakan pesawat kargo yang cukup besar. Hari ini mendarat dan akan melakukan ekspor," kata Pelaksana Tugas Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara YIA, Agus Pandu Purnama dikutip dari Antara.

Baca Juga: 2 Shio Ini Harus Lebih Memerhatikan Kondisi Kesehatan, Shio Ayam Punya Karir Bagus Ramalan Shio 11 Maret 2021

Baca Juga: Cara Extract File zip dan rar di HP Android dengan Mudah dan Cepat

Agus Pandu mengatakan, pesawat Antonov AN 124-100 akan melakukan handling perdana ekspor barang kargo dari Bandara YIA ke LCK Columbus Amerika Serikat dengan membawa 62 ton dari 125 ton barang jenis cable 16 truck wing box.

Antonov AN 124-100 sendiri merupakan pesawat kargo terbesar kedua di dunia yang memiliki kapasitas muatan hingga 150 ton. Pesawat ini dikatakan mampu mengangkut barang-barang yang berukuran besar seperti lokomotif, kapal pesiar, turbin hidraulic, bahkan pesawat tempur.

Baca Juga: Harga Cabai Melambung, Petani Jaga Kebun hingga Dini Hari untuk Waspadai Adanya Pencurian

"Secara prinsip sudah melakukan pemeriksaan barang-barang yang akan diekspor. Kegiatan ekspor ini tidak hanya satu kali saja, namun dua minggu ke depan masih ada layanan ekspor dari barang 125 ton. Hari ini akan diekspor 62 ton dari Bandara YIA," kata Agus Pandu.

Agus Pandu mengatakan Bandara YIA memiliki dua kargo, yakni kargo internasional dan kargo domestik. Kargo domestik sudah berjalan. Meski masa pandemi Covid-19, grafiknya terus naik, per hari rata-rata mengangkut 32,5 ton. Untuk internasional, pada Februari sekitar 32 ton.

Baca Juga: Rendy dalam Bahaya! Nino Pernah Hampir Mati: Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini 10 Maret 2021

"Kebetulan di kargo internasional sudah melakukan kegiatan impor. Kemarin dua kali mendatangkan pesawat dari AirNugini membawa panili ke Indonesia. Kemudian dari Indonesia diekspor kembali," katanya.

Baca Juga: Resep Mie Dokdok Ala Warmindo, Makanan yang Dapat Obati Rasa Kangen Kampus

Agus Pandu mengatakan ekspor melalui Bandara YIA sudah dilaksanakan. Ada komoditas diekspor ke Jepang, Korea Selatan, Amerika, dan Australia, termasuk Taiwan dan Hong Kong.

"Kargo Bandara Internasional Yogyakarta cukup mumpuni. Kargo internasional Bandara Internasional Yogyakarta bisa melayani ekspor 250 ton per hari," katanya.***

 

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x