Dilantik Hari Ini, Sri Purnomo Serahkan Jabatan Bupati Sleman ke Istrinya

- 26 Februari 2021, 13:28 WIB
Bupati Sleman Sri Purnomo dinyatakan sembuh dari Covid-19
Bupati Sleman Sri Purnomo dinyatakan sembuh dari Covid-19 /Chandra Adi N/@Portaljogja.com/

BERITA DIY - Pada hari ini, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hemengku Buwono X melantik dan mengambil sumpah jabatan bupati dan wakil bupati Sleman.

Pelantikan Bupati Sleman itu dilakukan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Jumat, 26 Februari 2021.

Adapun jabatan Bupati Sleman, diserahkan dari semula Sri Purnomo ke Istrinya, Kustini Sri Purnomo yang terpilih menjadi pimpinan baru Sleman.

Baca Juga: Sudah Divaksin Corona Merek Sinovac, Bupati Sleman Sri Purnomo Positif Covid-19 

Selain melantik Kustini, Sri Sultan juga melantik Abdul Halim Muslih-Joko B Purnomo sebagai kepala daerah Bantul, sertaSunaryanta dan Heri Susanto sebagai kepala daerah Gunungkidul.

"Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan," kata Gubernur DIY dihadapan ketiga pasangan bupati/wakil bupati yang dilantik.

Baca Juga: No Tipu-tipu! BLT PKH Anak Sekolah Rp 2 Juta per Siswa SD hingga SMA Cair di Februari 2021, Ini Cara Dapatnya

Sultan berharap dengan status keistimewaan DIY secara lex-specialis selayaknya para bupati lebih mengukuhkan koordinasi kebijakan dengan Pemda DIY.

Koordinasi dan sinergi itu, kata dia, bukan berorientasi kekuasaan, akan tetapi pada keterpaduan program agar pelaksanaanya memiliki nilai guna dan hasil guna bagi masyarakat.

Sultan menegaskan bahwa tiga kabupaten yakni Gunung Kidul, Sleman, dan Bantul pada dasarnya memiliki kekayaan alam yang langka.

Sleman, misalnya, memiliki Gunung Merapi yang menarik minat para ahli vulkanologi untuk mengungkap misterinya, serta terdapat kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai universitas negeri dan swasta tertua di Indonesia.

Baca Juga: Diangkat Isu Kudeta, Elektabilitas Moeldoko Salip Puan dan Mulai Ancam AHY hingga Giring Nidji

Berikutnya, Kabupaten Bantul memiliki Pantai Parangtritis serta hamparan Gumuk Pasir di Parangkusumo yang merupakan satu-satunya fenomena alam di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Adapun Gunung Kidul menyuguhkan potensi kekayaan dan kelangkaan bukit karst serta sungai dan gua bawah tanah. Selain keindahan pantai pasir putih yang tiada duanya.

Ia berharap pemanfaatan potensi itu harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Agar para bupati/wakil bupati cerdik mengatur skala prioritas, agar program-programnya bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x