Siaga! Merapi Semburkan Abu Tipis di Timur Lereng Gunung di Sleman, 311 Jiwa Masih Diungsikan

- 11 Januari 2021, 16:08 WIB
Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, D.I Yogyakarta.
Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, D.I Yogyakarta. / ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

BERITA DIY - Gunung Merapi yang berada di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali menyemburkan hujan abu tipis tadi malam, Minggu, 10 Januari 2021.

Semburan abu tipis Merapi ini terjadi setelah adanya guguran lava pijar. Hujan abu tipis ini terjadi di sejumlah daerah Sleman yang terletak di sebelah timur Gunung Merapi.

"Hujan abu tipis terjadi di sejumlah dusun di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi di sisi timur setelah terjadi guguran lava pijar pada Minggu (10/1) malam sekitar pukul 22.00 WIB," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Senin pagi dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Hore! Pelajar akan Dapat Bantuan Rp 2 Juta Tahun 2021, Buruan Cek Bansos PKH di Sini

Baca Juga: Pelaku UMKM Dapat Bantuan Modal Kerja BMK Rp2,4 Juta dari Presiden Jokowi, Simak Penjelasannya

Hujan abu tipis tersebut di antaranya terjadi di Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul dan Srunen di Kelurahan Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan yang masuk dalam wilayah KRB III Gunung Merapi.

"Selain itu hujan abu juga terjadi di Dusun Singlar, Glagaharjo, Cangkringan," katanya.

Hingga hari ini, Senin, 11 Januari 2021, BPPTKG Yogyakarta belum menaikan status aktivitas Gunung Merapi dan masih pada level III atau siaga dengan radius jarak aman tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji BPJS Cair ke 12 Juta Karyawan, Ini Cara Lapor Jika Belum Dapat Rp2,4 Juta

"Radius aman masih pada tiga kilometer, belum ada rekomendasi perluasan radius dari BPPTKG," katanya.

Makwan mengatakan, untuk warga di wilayah yang harus diungsikan juga belum ada perubahan, yakni warga kelompok rentan di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo.

"Warga kelompok rentan di Kalitengah Lor ini telah diungsikan sejak 7 November 2020 di barak pengungsian Glagaharjo setelah BPPTKG menaikan status aktivitas Merapi menjadi level III pada 5 November 2020," katanya.

Baca Juga: Tidak Perlu KIS, Begini Cara Dapat Bansos RP 300 Ribu per Bulan: Daftar Penerima BST di Link Ini

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x