7 Tips Ampuh agar Baterai HP Lebih Awet dan Tahan Lama

- 12 November 2020, 16:25 WIB
Tips membuat baterai HP awet.
Tips membuat baterai HP awet. /PIXABAY/ReadyElements

BERITA DIY - Beberapa orang akan merasa kesal saat HP yang dipakainya untuk keperluan tertentu, tiba-tiba mengalami habis baterai atau bahkan mati mendadak karena baterai HP miliknya tidak awet dan bertahan lama.

Dalam situasi ini, biasanya pengguna HP akan merasa tertolong jika membawa power bank ataupun charger manual. Namun, terkadang pengguna HP lupa membawa penambah daya baterai tersebut ketika berada di luar rumah.

Salah satu yang membuat baterai HP tidak awet dan tahan lama adalah adanya sederet aplikasi dan game yang memang membutuhkan ruang cukup besar dan menguras daya baterai cukup besar.

Baca Juga: Cara Dapat Bantuan Banpres UMKM Rp2,4 Juta, Klik eform.bri.co.id/bpum Cek Penerima Pakai NIK KTP

Berikut beberapa tips ampuh yang bisa kamu gunakan untuk membuat baterai HP awet dan tahan lama:

  1. Mengaktifkan Dark Mode

Selain berguna untuk kesehatan mata, ternyata fitur Dark Mode bermanfaat untuk menghemat baterai. Fitur ini juga telah ada di sosial media seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram.

  1. Nonaktifkan fitur Google Asisten

Fitur ini memang sangat menolong ketika keadaan mendesak. Namun, ada baiknya segera nonaktifkan apabila penggunaannya tak terlalu dibutuhkan. Caranya cukup mudah, masuk ke aplikasi Google, Klik lainnya, pilih Setelan, Klik Asisten Google, pilih Telepon yang terdapat di bagian bawah tab, kemudian nonaktifkan Google Assistant.

 Baca Juga: Sinopsis Putri Untuk Pangeran Episode 207 Hari Ini, 12 November 2020: Bu Nawang Kritis Putri Sedih

  1. Batasi sejumlah aplikasi di belakang layar

Meskipun beberapa aplikasi telah ditutup untuk mengakhiri penggunaannya, namun ternyata masih tetap aktif. Mereka berjalan di latar belakang dan menjadi salah satu penyebab baterai HP tidak awet.

Cara mengatasinya, cukup klik notofikasi, pilih Aplikasi dan notifikasi, klik lanjutan, pilih baterai, batasi pembatasan latar belakang.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x