Doa Sesudah Adzan Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

- 17 Oktober 2020, 16:02 WIB
Ilustrasi Berdoa.
Ilustrasi Berdoa. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY - Umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah mendengar adzan berkumandang. Adzan sendiri adalah seruan untuk orang-orang muslim menyegerakan sholat dan menghentikan segala aktivitas yang ada untuk melaksankan sholat terlebih dulu.

Dalam sehari kita mendengar adzan ketika waktu subuh, zuhur, ashar, maghrib, dan isya. Suara azan itu terus bergulir dan bergema di seluruh wilayah dunia.

Baca Juga: Link Live Streaming Inter Milan vs AC Milan Malam Ini Pukul 23.00 WIB di Bein Sports dan RCTI Gratis

Diriwayatkan dari hadis Bukhari, ketika mendengar adzan baiknya umat muslim membaca doa setelah adzan sehingga bisa memeroleh syafaat Nabi di hari akhir nanti.

"Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka masuklah syafaatku baginya di hari kiamat," (HR Bukhari).

Selain itu keutamaan lainnya jika berdoa setelah mendengar adzan adalah ditinggikannya derajat seorang muslimin dan mendapat syafaat Nabi, sehingga bisa menuntun umat-umat yang beruntung masuk ke surga tanpa proses hisab.

Baca Juga: Maih Bisa Dapat! Ini Cara Daftar Bantuan Kuota Internet Gratis Hingga 50 GB, Bulan Ini Cair 2 Kali

Baiknya seorang muslim bisa menghapal, memahami, dan mengamalkan doa ini ketika adzan sudah selesai berkumandang dan membaca doanya.

Berikut adalah doa setelah adzan dalam bahasa arab, latin, serta terjemah dalam bahasa Indonesia.


للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَان
الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.

Baca Juga: Cara dan Syarat Dapat Bantuan UMKM Facebook Rp 12,5 Miliar, Bisa Daftar Online! 2 Hari Lagi Tutup


Artinya: “Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.”.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x