Macam-macam Metode Diet Intermittent Fasting dan Manfaatnya bagi Kesehatan

- 17 Oktober 2020, 13:05 WIB
Ilustrasi Diet
Ilustrasi Diet /pixabay/ stevepb

BERITA DIY - Memiliki tubuh yang ideal tentunya menjadi dambaan setiap orang. Hal ini menjadi alasan sebagian orang melakukan diet. Namun sayangnya beberapa diet membatasi dan membuat orang tidak dapat mengonsumi makan yang mereka suka. Diet Intermittent Fasting mungkin mampu menjadi alternatif diet yang menyenangkan untuk kamu coba.

Intermittent Fasting atau juga disebut dengan diet puasa merupakan metode diet dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu yang ditentukan namun tetap mengonsumsi minuman. Diet ini memperbolehkan kamu mengonsumsi segala jenis makanan yang diinginkan namun hanya pada waktu yang ditentukan.

Hal yang harus dilakukan saat melakukan diet ini adalah memperbanyak konsumsi air putih, lakukan periode berhenti makan saat malam hari, lakukan periode berhenti makan saat kamu sibuk dengan aktivitas, jangan lupakan untuk rutin melakukan aktivitas fisik, tanamkan mindset bahwa periode berhenti makan sama dengan kamu sedang mengistirahatkan tubuh.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini 17 Oktober 2020, Asmara Leo Banyak Godaan, Kesehatan Virgo Butuh Udara Segar

Beberapa metode Intermittent Fasting yang biasa dilakukan.

  1. Puasa 12 Jam sehari

Metode ini cocok untuk pemula, dimana kamu cukup berpuasa selama 12 jam dalam sehari. Kamu dapat mengonsumsi jumlah kalori yang sama setiap hari.

  1. The 16/8 Method

Metode ini membagi waktu menjadi 16 jam waktu puasa dan 8 jam untuk makan. Misalnya, anda dapat makan dari jam 12 siang hingga 8 malam, kemudian berpuasa untuk 16 jam ke depan.

  1. The 5:2 Diet

Metode dengan mengurangi makanan hingga 25 persen dari jumlah normal atau sekitar 500-600 kalori per hari. Selama dua hari per minggu kamu dapat melakukan diet dan lima hari lainnya kamu dapat makan seperti biasa.

  1. Eat-Stop-Eat

Metode ini mengharuskan kamu berpuasa selama 24 jam penuh selama beberapa hari dalam seminggu. Misalnya kamu selesai makan terakhir pada jam 8 malam, maka kamu harus berpuasa (hanya boleh minum air mineral) hingga jam 8 malam di hari berikutnya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x