Apa Itu Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru dan Apa yang Terjadi jika Terkena Lahar Dingin? Cek Penyebabnya

- 19 April 2024, 13:20 WIB
Ilustrasi. Apa itu banjir lahar dingin Gunung Semeru dan apa yang terjadi jika terkena lahar dingin.
Ilustrasi. Apa itu banjir lahar dingin Gunung Semeru dan apa yang terjadi jika terkena lahar dingin. /ANTARA/Altas Maulana/

BERITA DIY - Berikut informasi apa itu banjir lahar dingin Gunung Semeru dan apa yang terjadi jika terkena lahar dingin? Cek penyebabnya di sini.

Ratusan penduduk dari tiga dusun di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilaporkan mengungsi karena dampak banjir lahar dingin Gunung Semeru yang melanda sejak Kamis, 18 April 2024.

Warga yang mengungsi berasal dari Dusun Kebondeli Selatan di wilayah Desa Sumberwuluh, serta Dusun Sumberlangsep dan Dusun Sumberkajar di Desa Jugosari.

Apa sebenarnya banjir lahar dingin Gunung Semeru dan apa dampaknya jika terkena, serta apa penyebabnya?

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus atau Erupsi, Merapi Berstatus Tanggap Darurat Bencana Banjir Lahar Dingin Hari Ini

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lahar adalah semburan lumpur abu vulkanik yang dicampur air yang keluar dari kawah gunung berapi.

Menurut situs Institut Teknologi Bandung, lahar yang disebabkan oleh erupsi gunung terbagi menjadi dua jenis, yaitu lahar dingin dan lahar panas .

Lahar berasal dari material vulkanik yang belum terkonsolidasi. Berbagai jenis air bisa bercampur dengan material tersebut.

Apa yang terjadi jika terkena lahar dingin?

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah