Cek Jadwal Serta Lokasi One Way dan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran 2024, Berlaku Mulai Jam Berapa?

- 13 April 2024, 07:55 WIB
Ilustrasi - Cek jadwal serta lokasi one way, ganjil genap, dan contraflow pada arus balik Lebaran 2024. Simak di sini untuk mengetahui jam berlaku.
Ilustrasi - Cek jadwal serta lokasi one way, ganjil genap, dan contraflow pada arus balik Lebaran 2024. Simak di sini untuk mengetahui jam berlaku. / Pixabay/@MujiyonoSPt

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang jadwal serta lokasi one way dan ganjil genap hari ini Sabtu, 13 April 2024 untuk arus balik Lebaran 2024. 

Pada arus balik Lebaran 2024 ini, pemerintah telah menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas seperti contraflow, one way, dan ganjil-genap. 

Rekayasa lalu lintas tersebut sudah berlaku sejak Jumat, 12 April 2024 kemarin. Sedangkan untuk hari ini Sabtu, 13 April 2024 juga akan berlaku ganjil genap dan one way untuk arus balik. 

Oleh karenanya, para pengemudi yang hendak melakukan perjalanan, pastikan cek jadwalnya sebelum berangkat. Bukan tanpa alasan, melainkan agar perjalanan lebih aman dan nyaman. 

Baca Juga: Jadwal One Way, Contraflow dan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran sampai Kapan Tanggal Berapa, Benarkah Ditunda?

Pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini sesuai dengan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Polri dan Dirjen Bina Marga Nomor KP-DRJD 1305 Tahun 2024, SKB/67/II/2024, 40/KPTS/Db/2024 tertanggal 5 Maret 2024.

Pemberlakuan sistem lalu lintas ganjil genap ini bertujuan untuk mengurai kemacetan yang akan terjadi pada saat arus balik Lebaran 2024. Dimana puncak arus balik Lebaran diprediksi akan terjadi pada tanggal 14 April 2024 mendatang. 

Rekayasa lalu lintas ganjil genap ini didasarkan dari plat nomor kendaraan. Nantinya, plat kendaraan dengan nomor ganjil boleh melintas pada tanggal yang disesuaikan begitupun sebaliknya. 

Tak hanya ganjil genap saja yang diberlakukan, melainkan berlaku juga one way dan contraflow. 

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah