Naskah Bacaan Khutbah Sholat Jumat RAMADHAN, Meraih Keberkahan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

- 4 April 2024, 16:20 WIB
Ilustrasi - Nakah Khutbah Sholat Jumat Ramadhan, dengan tema meraih keberkahan Malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan.
Ilustrasi - Nakah Khutbah Sholat Jumat Ramadhan, dengan tema meraih keberkahan Malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan. /FREEPIK/wirestock

BERITA DIY - Berikut ini nakah Khutbah Sholat Jumat Ramadhan, dengan tema meraih keberkahan Malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan.

Ibadah sholat Jumat, merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat dan ketentuan dalam agama Islam.

Sholat Jumat adalah ibadah yang dilaksanakan di hari Jum'at, dua rakaat secara berjamaah, dilakukan pada waktu Dzuhur setelah khutbah.

Dalam ibadah sholat Jumat ini, terdapat khutbah Jumat yang menjadi bagian penting. Khutbah Jumat adalah ceramah yang disampaikan khatib sebelum pelaksanaan sholat Jumat.

Di dalamnya, terkandung pesan-pesan, nasihat, serta amalan-amalan yang berkaitan dengan ajaran Islam.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Terakhir di Bulan Ramadhan, 5 April 2024 Hakikat Hari Raya Idul Fitri yang Sesungguhnya!  

Ketika bulan Ramadhan tiba, khutbah Jumat menjadi salah satu wadah yang baik untuk menyampaikan pesan-pesan tentang keutamaan bulan suci ini misalnya terkait malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar adalah malam di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Keutamaan malam ini sangatlah besar, sehingga Rasulullah SAW menghimbau umatnya untuk mencarinya di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda, "Cari malam Lailatul Qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan, bila kalian tidak sanggup maka carilah di sembilan hari yang terakhir, bila kalian tidak sanggup maka carilah di tujuh hari yang terakhir." (HR. Bukhari dan Muslim)

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x