Cara Mengurus Tilang Online, Urus Tilang Elektronik Anti Ribet: Bayar Dendanya di Mana dan Bagaimana Caranya?

- 12 Januari 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi - Cara mengurus tilang online, urus tilang elektronik mudah anti ribet, cek berapa biaya dan bagaimana cara bayar dendanya, bayar di mana.
Ilustrasi - Cara mengurus tilang online, urus tilang elektronik mudah anti ribet, cek berapa biaya dan bagaimana cara bayar dendanya, bayar di mana. /Antara

BERITA DIY - Saat ini sudah banyak daerah yang menerapkan sistem tilang elektronik. Hal ini membuat proses penilangan menjadi semakin jeli.

Jika Anda tertangkap kamera telah melakukan pelanggaran lalu lintas, maka Anda akan dikenai tilang. Jangan khawatir, Anda bisa mengurus tilang online.

Bagaimana cara urus tilang elektronik, tempat bayar di mana? Informasi lengkap dapat Anda cek di sini. Cara mengurusnya mudah, anti ribet.

Sejak tanggal 1 November 2018, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya resmi menerapkan penindakan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

Baca Juga: Sanksi Tilang Uji Emisi di Jakarta Mulai Berlaku, Cek Lokasi dan Denda untuk Motor Mobil

Penilangan dilakukan oleh kamera CCTV yang telah dipasang di sejumlah titik. Orang yang melakukan pelanggaran akan terekam oleh CCTV. Kemudian dari rekaman tersebut akan dilihat pelanggaran apa yang telah dilakukan dan kemudian ditetapkan sanksi.

Gambar pelanggaran yang tertangkap kamera CCTV akan diverifikasii oleh pertugas yang bertugas di back offive. Lalu petugas akan menginformasikan sebuah surat konfirmasi dan foto bukti pelanggaran.

Jika sudah dipastikan bahwa pemilik kendaraan yang melakukan pelanggaran, maka orang tersebut wajib melakukan konfirmasi tilang online lewat website www.etle-pmj.info.

Pelanggar juga dapat melakukan kanformasi dengan mengirimkan blanki ke Posko e-TLE di Polda Metro Jaya untuk memastikan apakah orang tersebut melakukan pelanggaran atau tidak. Proses konfirmasi dapat dilakukan dalam kurun waktu 5 hari.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x