Cara Membuat Sertifikat Tanah Elektronik Pertama Kali dan Pergantian Surat Fisik ke Elektronik, Ini Syaratnya

- 5 Desember 2023, 14:11 WIB
Ketahui cara membuat sertifikat tanah elektronik pertama kali dan pergantian surat fisik ke elektronik, ini syaratnya.
Ketahui cara membuat sertifikat tanah elektronik pertama kali dan pergantian surat fisik ke elektronik, ini syaratnya. /www.atrbpn.go.id

BERITA DIY - Berikut informasi cara membuat sertifikat tanah elektronik pertama kali dan pergantian surat fisik ke elektronik, serta syaratnya.

Sertifikat tanah merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh pemilik tanah.

Mempunyai sertifikat tanah menjadi tanda bahwa seseorang merupakan pemilik sah dan resmi suatu tanah.

Adapun sejak tahun 2021, sertifikat tanah harus diubah menjadi sertifikat tanah elektronik.

Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) ATR/Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertipikat Elektronik, cara mengurus sertifikat tanah elektronik seluruhnya dilakukan dengan sistem elektronik yang memuat dokumen elektronik.

Baca Juga: Rahn Tasjily Rp200 Juta Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian Syariah Cek Keunggulan, Pengajuan, Persyaratannya

Cara mengurus sertifikat tanah elektronik untuk penerbitan pertama kali sudah diatur dalam pasal 6. Penerbitan sertifikat-el dimaksudkan untuk dua hal, yakni pendaftaran dan penggantian. Pendaftaran tanah pertama kali untuk tanah yang belum terdaftar dan penggantian sertifikat menjadi sertifikat-el untuk tanah yang sudah terdaftar.

Cara Daftar Sertifikat Tanah Elektronik

Aturan ini berlaku untuk tanah yang belum terdaftar. Kegiatan ini adalah pengumpulan dan pengolahan data fisik, pembuktian hak dan pembukuannya, penerbitan sertipikat serta penyajiannya, yang ditambah penyimpanan daftar umum dan dokumen dengan sistem elektronik.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x