Jadwal Puasa Sunnah 9-15 Muharram, Kapan dan Bagaimana Niat Bacaan Puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh?

- 17 Juli 2023, 14:20 WIB
Ilustasi. Jadwal puasa sunnah 9 hingga 15 Muharram seperti Puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh lengkap dengan bacaan niat puasanya.
Ilustasi. Jadwal puasa sunnah 9 hingga 15 Muharram seperti Puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh lengkap dengan bacaan niat puasanya. /Freepik/@freepik

BERITA DIY - Saat ini banyak dicari jadwal puasa sunnah Muharram, kapan Puasa Tasua, Asyura, Ayyamul Bidh, dan bacaan niat Puasa Tasua dan Asyura.

Ketahui jadwal puasa sunnah 9 hingga 15 Muharram seperti Puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh lengkap dengan bacaan niat puasanya. Simak selengkapnya di sini.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah sebagai hari raya tahun baru bagi umat Islam yang jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023.

Menurut informasi yang dikutip dari laman resmi Kementerian Agama (kemenag.go.id), salah satu amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Muharram adalah puasa Tasua, Asyura, dan Ayyamul Bidh.

Baca Juga: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram dengan Tulisan Arab dan Latin Kapan Dibaca?

Puasa Asyura yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram memiliki keutamaan yaitu pengampunan dosa-dosa yang telah dilakukan selama satu tahun sebelumnya dengan izin Allah SWT.

Lantas, kapan puasa sunnah Bulan Muharram?

Mengutip NU Jabar, dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi, Syarah atas Kitab Sunan Tirmidzi, Imam Almubarakfuri mengatakan bahwa puasa di bulan Muharram ada tiga jenis sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.

1. Puasa pada hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan sesudahnya, yaitu tanggal 9 (Tasua),10 (Asyura) dan 11 Muharram.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah