Sejarah Lebaran Ketupat, Makna Kupatan Lepet Janur di Tradisi Jawa

- 28 April 2023, 12:38 WIB
Simak sejarah lebaran ketupat, makna kupatan Lepet janur di tradisi Jawa setelah Hari Raya Idul Fitri dan cara membuat kupat.
Simak sejarah lebaran ketupat, makna kupatan Lepet janur di tradisi Jawa setelah Hari Raya Idul Fitri dan cara membuat kupat. /Tangkap layar YouTube.com/Dunia Tanaman

BERITA DIY - Yuk mengenal sejarah lebaran ketupat, makna kupatan Lepet janur di tradisi Jawa setelah Hari Raya Idul Fitri dan cara membuat kupat sayur sederhana.

Tujuh hari setelah Idul Fitri, biasanya diadakan lebaran ketupat atau hari raya kupat tepat pada 8 Syawal tahun hijriah.

Tradisi kupatan ramai hidangan makanan dengan khas yakni ketupat, lepet hingga lontong yang berbahan dasar beras dan ketan yang dibungkus janur atau daun kelapa muda.

 

Bentuk ketupat dikenal dengan ciri segiempat, sementara lepet dan lontong lonjong memanjang dengan ikatan tali atau hanya ditusuk lidi di kedua ujungnya.

Baca Juga: Resep Rendang Ayam: Menu Lebaran Idul Fitri 2023 yang Mudah dan Enak Cocok Jadi Lauk Pendamping Ketupat

Bahan dasar ketupat adalah nasi, sementara lepet berbahan ketan dengan parutan kelapa yang terkadang ada campuran kacang di dalamnya.

Kedua makanan khas lebaran ketupat ini cara membuatnya membutuhkan waktu empat hingga lima jam ini punya makna filosofis.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x