Ternyata Indonesia Tak Alami Cuaca Panas Ekstrem seperti Negara Lain, BMKG Ungkap Penyebab Suhu Panas Hari Ini

- 25 April 2023, 11:38 WIB
Suhu panas hari ini, cara mengatasi cuaca panas, penyebab cuaca panas hari ini, dan kenapa Jakarta panas hari ini.
Suhu panas hari ini, cara mengatasi cuaca panas, penyebab cuaca panas hari ini, dan kenapa Jakarta panas hari ini. /FAUZAN/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari suhu panas hari ini, cara mengatasi cuaca panas, penyebab cuaca panas hari ini, dan kenapa Jakarta panas hari ini.

Ketahui ternyata Indonesia tak alami cuaca panas ekstrem seperti negara lain, BMKG ungkap penyebab suhu panas di Jakarta hingga Yogyakarta.

BMKG mengungkapkan bahwa fenomena atmosfer yang tidak biasa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan suhu di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Ada lima faktor utama yang berkontribusi pada kenaikan suhu di Indonesia, termasuk kondisi atmosfer yang tidak biasa, dan pengaruh pergerakan semu Matahari pada suhu di Asia Selatan pada bulan April.

Baca Juga: Kenapa Jogja Sepekan Terakhir Begitu Panas dan Tidak Turun Hujan? Ini Penjelasan BMKG

"Suhu panas ekstrem melanda negara-negara Asia sepekan terakhir. Indonesia tidak mengalami gelombang panas, tetapi suhu maksimum udara permukaan tergolong panas," ujar Plt Deputi Bidang Klimatologi, Dodo Gunawan.

Kemudian, ada peningkatan panas di tahun 2023 yang merupakan yang terburuk sejauh ini, serta tren pemanasan global dan perubahan iklim yang meningkatkan risiko gelombang panas atau heatwave hingga 30 kali lebih sering.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x