Kata-Kata Sungkem Lebaran Singkat, Panjang, Bahasa Jawa Halus pada Orang Tua Lengkap Artinya Bahasa Indonesia

- 22 April 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Uraian contoh rangkaian kata-kata sungkem lebaran singkat dan panjang bahasa Jawa halus kepada orang tua lengkap artinya bahasa Indonesia
Ilustrasi. Uraian contoh rangkaian kata-kata sungkem lebaran singkat dan panjang bahasa Jawa halus kepada orang tua lengkap artinya bahasa Indonesia /freepik.com

BERITA DIY- Berikut contoh kata-kata sungkem lebaran singkat dan panjang bahasa Jawa halus kepada orang tua lengkap artinya bahasa Indonesia.

Sungkem atau sungkeman memiliki arti bersimpuh atau duduk jongkok sambil mencium tangan orang yang lebih tua dengan mengucap kata-kata tertentu.

Tradisi sungkem biasanya dilakukan saat lebaran atau waktu pernikahan dengan tujuan untuk meminta maaf atas kesalahan dan dosa yang dilakukan dan juga mengharapkan doa-doa yang baik.




Tersedia kata-kata ucapan untuk sungkem hari lebaran lebaran yang singkat dan panjang dalam bahasa Jawa halus kepada orang tua lengkap dengan artinya bahasa Indonesia.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Shalat Idul Fitri Lengkap dengan Anjuran untuk Laki-Laki dan Perempuan

Momen sungkem pada orang tua di hari lebaran menjadi bagian dari tradisi silaturahmi untuk saling memaafkan. Berdasarkan sejarah yang dikutip dari puromangkunegaran.com kebiasaan sungkem ini dikembangkan oleh keraton Jawa.




Tradisi sungkeman ketika waktu hari raya atau lebaran bermula dari Kasunanan Surakarta dan Puro Mangkunegara.

Berikut kata-kata sungkem lebaran bahasa Jawa halus:

- Kula ngaturaken panyuwun pangapunten dhateng tiyang sepuh ingkang sampun miyosaken lan ngagengaken kula. Kula ndonga mugi-mugi Bapak/Ibu terus dipunparingaken kesenggangan lan kawilujengan.

Artinya: saya menyampaikan permintaan maaf kepada orang tua yang telah melahirkan dan membesarkan saya. Saya berdoa semoga Bapak/Ibu terus diberikan kesehatan dan keselamatan.

Baca Juga: Teks Takbiran Idul Fitri yang Benar, Lengkap, dan Panjang Bahasa Arab, Latin, Indonesia Mulai Dibaca Kapan?

- Nyuwun pangapunten lahir lan batin, mugi-mugi ing dinten ingkang suci menika, kula lan panjenengan sami-sami dilimpahkan berkah lan ampunan.

Artinya: mohon maaf lahir dan batin, semoga di hari yang suci ini, kita sama-sama dilimpahkan berkah dan ampunan.



- Kathah sikap kula ingkang nyakiti panggalih Simbah, kula nyuwun pangapunten inggiling lampahan kula ingkang kirang kersa wonten panggalih.

Artinya: Banyak sikap saya yang menyakiti hati Simbah, saya mohon maaf atas perilaku saya yang kurang berkenan di hati.

Baca Juga: Link Download Poster Lebaran Idul Fitri 2023 Aesthetic, Kreatif Lengkap Ucapan Eid Al Fitr Bahasa Arab Inggris




- Dalem badhe ngaturaken sembah pangabekti kawula, sepinten kalepatan kula ingkang mboten angsal idining sarak, dalem nyuwun pangapunten. Mugi lineburo ing dinten riyaya punika.

Artinya: Saya ingin mengucapkan permintaan maaf saya, jika adanya kesalahan yang saya lakukan. Semoga segala kesalahan melebur di hari raya ini.

- Minal aidzin wal faidzin, mugi-mugi ing dino riyaya iki akeh keberkahan saking Gusti.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x