Apa Itu Dzikir Qolbu? Inilah Khasiat Luar Biasa bagi yang Mengamalkannya

- 31 Maret 2023, 13:55 WIB
Ilustrasi- seorang muslim sedang berdzikir, penjelasan apa itu dzikir qolbu yang mengagungkan Allah SWT, lengkap dengan khasiat luar biasa bagi umat muslim yang mengamalkannya.
Ilustrasi- seorang muslim sedang berdzikir, penjelasan apa itu dzikir qolbu yang mengagungkan Allah SWT, lengkap dengan khasiat luar biasa bagi umat muslim yang mengamalkannya. /Pixabay.com/@iqbal nuril anwar
 
BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu dzikir qolbu, lengkap dengan khasiat luar biasa bagi yang mengamalkannya.
 
Dzikir kepada Allah SWT, bisa dilakukan dimana saja dan dengan cara apa saja. Salah satunya dengan dzikir qolbu.
 
Lantas apa itu dzikir qolbu? 
 
Dzikir merupakan suatu cara mengingat dan mengagungkan Allah SWT dengan melafalkan sesuatu menggunakan lisan, hati, maupun keduanya.

Dzikir juga memiliki arti menghadirkan atau mengagungkan Allah dalam diri seorang mukmin.
 
 
Dalam bahasa Arab Dzikir berasal dari kata dzakara yadzkuru dzukr yang berarti perbuatan lisan dan hati.

Dzikir sendiri mempunyai tujuan mengkoneksikan atau menyambungkan diri kepada Allah. Sementara Qolbu merupakan penghubung antara manusia dengan Allah.
 
Seperti dilansir BERITA DIY dari laman Kemenag Jambi pada 31 Maret 2023, bahwa dzikir merupakan sarana menghidupkan hati.
 
Manfaat dzikir qolbu antara lain untuk membersihkan hati dari karat-karat munafik, irihati, tamak, rakus, sombong, tabzirun, dan sifat-sifat tercela lainnya.

Adapun berikut penjelasan apa itu dzikir qolbu lengkap dengan khasiat luar biasa bagi yang mengamalkannya.
 
 
Arti Dzikir Qolbu
 
Dzikir qolbu adalah berdzikir menggunakan hati, dengan bertujuan utuk menyambungkan diri kepada Allah SWT.

Seseorang yang mengamalkan dzikir qolbu akan mendapatkan khasiat yang sangat luar biasa, seperti lebih mendekatkan diri kepada Allah.
 
Dzikir qolbu bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa terganggu oleh apapun karena dilakukan di dalam hati.
 
Kendati demikian, seseorang yang telah mengamalkan dzikir jenis ini akan melakukannya dari dalam hati dan alam bawah sadarnya.
 

 
Sedangkan menurut Syekhul Islam Imam Ibnu Taymiyah, bahwa hati tanpa dzikir ibarat ikat tanpa air, artinya dzikir merupakan sarana menghidupkan hati.
 
Semakin seseorang sering berdzikir, maka akan semakin dekat dengan Allah, dan semakin jarang berdzikir tandanya juga akan semakin jauh dari Sang Maha Kuasa.

Khasiat Luar Biasa Mengamalkan Dzikir Qolbu
 
1. Lebih mendekatkan diri kepada Allah 
 
Dengan mengamalkan dzikir qolbu artinya seorang mukmin telah menghadirkan Allah dalam hatinya, dan hal itu lebih mendekatkan hubungan manusia kepada sang Khaliq.
 
2. Dikabulkan Hajatnya
 
Seorang mukmin yang senantiasa mengamalkan dzikir qolbu, akan diijabah apa yang menjadi hajatnya, walaupun hanya tersebit dari dalam hati.

 
3. Menumbuhkan rasa takut kepada Allah
 
Dzikir qolbu bisa membuat diri seorang mukmin semakin takut untuk melanggar larangan Allah, karena dengan berdzikir tandanya seseorang telah membersihkan hatinya menjadi lebih baik

4. Dicintai Makhluk di bumi maupun langit
 
Seseorang yang selalu berdzikir akan dicintai oleh makluk di bumi maupun langit. Hal tersebut berimbas dari kecintaannya kapada Sang Maha Kuasa.
 
Demikianlah penjelasan apa itu dzikir qolbu, lengkap dengan khasiat luar biasa bagi yang mengamalkannya.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x