Niat dan Doa Sholat Witir 3 Rakaat Lengkap Tata Cara

- 30 Maret 2023, 13:04 WIB
Ilustrasi. Bacaan niat dan doa sholat witir 3 rakaat 1 salam, 2-1 rakaat dua kali salam sendirian atau berjamaah melanjutkan tarawih di bulan Ramadhan.
Ilustrasi. Bacaan niat dan doa sholat witir 3 rakaat 1 salam, 2-1 rakaat dua kali salam sendirian atau berjamaah melanjutkan tarawih di bulan Ramadhan. /UNSPLASH/@levimeirclancy

 

BERITA DIY - Berikut niat dan doa sholat witir 3 rakaat 1 salam, 2-1 rakaat dua kali salam sendirian atau berjamaah melanjutkan tarawih di bulan Ramadhan.

Sholat witir merupakan sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat Isya. Sholat witir dapat dikerjakan dengan beberapa jumlah rakaat ganjil, salah satunya adalah dengan tiga rakaat.

Jumlah rakaat sholat witir sesuai hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda "(Sholat) Witir itu adalah hak setiap muslim, siapa yang lebih suka witir lima rakaat, maka kerjakanlah, dan barang siapa yang lebih suka witir satu rakaat, maka kerjakanlah," (Hadis shahih, riwayat abu Daud: 1212 dan al-Nasa'i: 1693).

 

Sholat witir biasanya dikerjakan sendiri, tapi di bulan Ramadhan para ulama Mazhab Syafii dan Hanbali, serta sebagian ulama Mazhab Maliki berpendapat baiknya witir dilakukan secara berjamaah setelah sholat tarawih.

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan dan Doa Berbuka Puasa Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahannya

Namun, jika disandingkan dengan sholat tahajud di sepertiga malam, baiknya sholat witir dikerjakan sendirian.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x