Pengertian dan Jenis Air Mutanajis serta Contohnya: Bolehkah Digunakan untuk Berwudhu, Apakah Mensucikan?

- 30 Maret 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi - Pengertian dan jenis air mutanajis serta contohnya, air mutanajis adalah apa, bolehkah digunakan untuk berwudhu, apakah mensucikan.
Ilustrasi - Pengertian dan jenis air mutanajis serta contohnya, air mutanajis adalah apa, bolehkah digunakan untuk berwudhu, apakah mensucikan. /PIXABAY/mucahityildiz

BERITA DIY - Simak pengertian dan jenis air mutanajis serta contohnya, air mutanajis adalah apa, bolehkah digunakan untuk berwudhu, apakah mensucikan.

Sebelum melaksanakan sholat, umat Islam diwajibkan untuk berwudhu agar suci dari hadats kecil. Wudhu akan menjadi sah ketika dilakukan dengan menggunakan air suci dan mensucikan.

Lalu bagaimana dengan air mutanajis, apakah dapat digunakan untuk wudhu dan bersifat mensucikan? Cek penjelasan pengertian, jenis, dan contohnya pada artikel ini.

Dalam agama Islam, air terbagi menjadi 4 jenis, yakni air mutlak, air mustak'mal, air mutanajis, dan air musyammas. Keempat jenis air tersebut tentunya memiliki perbedaan.

Baca Juga: Keluar Air Mani Apakah Membatalkan Puasa? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Jenis air yang digunakan untuk bersuci tentu saja akan mempengaruhi sah atau tidaknya sholatnya seorang muslim. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui jenis dan contoh-contoh air.

Dilansir dari laman Kanwil Kemenag DKI pada 8 Maret 2018, DR. H. Saefullah memberikan penjelasan mengenai fiqih air. Hal ini sangat perlu diketahui sebab setiap harinya, seorang muslim akan menggunakan air.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: Laman Kanwil Kemenag DKI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x