Tata Cara Shalat Tarawih 4 Rakaat Apakah Ada Tahiyat Awal?

- 28 Maret 2023, 12:13 WIB
Ilustrasi. Tata cara shalat tarawih 4 rakaat 1 salam tanpa tahiyat awal dan hukum shalat sunnah 11 rakaat serta 23 rakaat menurut Buya Yahya berdasar hadis.
Ilustrasi. Tata cara shalat tarawih 4 rakaat 1 salam tanpa tahiyat awal dan hukum shalat sunnah 11 rakaat serta 23 rakaat menurut Buya Yahya berdasar hadis. /Instagram.com/@masjidtransid

BERITA DIY - Berikut hukum shalat tarawih 4 rakaat 1 salam dan apakah cara shalat tarawih 4 rakaat apakah ada tahiyat awal?

Shalat tarawih adalah sholat yang dikerjakan di malam bulan Ramadhan yang hukumnya sunnah setelah mengerjakan sholat Isya.

Ada dua formasi shalat tarawih terkenal di Indonesia, adalah 8 rakaat ditambah Witir 3 rakaat dan tarawih 20 rakaat ditambah witir 3 rakaat.

 

Dari laman Muhammadiyah.or.id, aturan shalat tarawih 8 rakaat ditambah 3 rakaat witir berlandaskan pada riwayat dari Aisyah yang menjelaskan Nabi Muhammad SAW tidak pernah melakukan shalat sunnah di bulan Ramadhan dan bulan lainnya lebih dari 11 rakaat.

Baca Juga: Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir 11 Rakaat 4 4 3 Sendiri di Rumah Dilengkapi Bacaan Doa dan Niat Sholat

"Beliau shalat 4 rakaat dan jangan engkau tanya bagaimana bagus dan indahnya. Kemudian beliau shalat lagi 4 rakaat, dan jangan engkau tanya bagaimana indah dan panjangnya. Kemudian beliau shalat 3 rakaat.” (H.R. al-Bukhari dan Muslim).

Sementara, shalat tarawih 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir berdasarkan pada pelaksanaan tarawih secara berjamaah yang dimulai pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah