6 Orang Ini Boleh Tidak Berpuasa dan Masuk Golongan Tak Wajib Puasa Ramadhan 2023: Ada Orang Gila dan Lansia?

- 27 Maret 2023, 16:50 WIB
Ilustrasi - Ini 6 golongan yang boleh untuk tidak berpuasa atau tidak wajib puasa Ramadhan 2023 ada orang gila dan lansia.
Ilustrasi - Ini 6 golongan yang boleh untuk tidak berpuasa atau tidak wajib puasa Ramadhan 2023 ada orang gila dan lansia. /PIXABAY/ geralt

BERITA DIY - Bulan Ramadhan 2023 masih berlangsung sebagai bulan suci dan penuh rahmat bagi umat Islam. Pada bulan yang mulai ini, Umat Islam diwajibkan untuk menjalankan puasa wajib.

Puasa wajib yang dijalankan adalah puasa Ramadhan 2023 yang ditunaikan dalam kurun waktu 30 hari atau satu bulan selama Ramadhan 2023 berlangsung.

Hukum puasa Ramadhan 2023 adalah wajib, sehingga barang siapa yang menunaikan akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah Swt dan bagi umat yang meninggalkan akan mendapatkan dosa.

Meski demikian, Allah Swt memberikan keringanan bagi golongan umatnya yang berhalangan atau memiliki keterbatasan untuk berpuasa. Lantas siapa saja golongan orang yang boleh tidak berpuasan atau tidak wajib puasa Ramadhan 2023?

Baca Juga: Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan 1444 H Dzahaba dan Allahumma Laka Shumtu Lengkap Arab Latin dan Artinya

Dikutip dalam laman Kemenag Bali, terdapat 6 golongan yang boleh tidak berpuasa atau tidak wajib menunaikan ibadah puasa wajib Ramadhan 2023.

6 Golongan Tidak Wajib Puasa

1. Anak kecil yang belum baligh atau belum dewasa

Anak kecil yang belum dewasa belum memiliki kewajiban untuk menunaikan puasa Ramadhan 2023. Sehingga anak kecil yang belum dewasa boleh untuk tidak berpuasa.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x