Doa Menjelang Buka Puasa Ramadhan: Arab, Latin, dan Terjemahan Artinya Bahasa Indonesia

- 27 Maret 2023, 13:35 WIB
BERITA DIY - Simak bacaan doa menjelang buka puasa Ramadhan lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan artinya dalam Bahasa Indonesia dengan berbagai keutamaan di dalamnya.
 
Waktu Maghrib atau buka puasa Ramadhan adalah salah satu waktu yang banyak dinantikan pada saat menjalankan ibadah di bulan suci tersebut.
 
Seperti yang diketahui bahwa ibadah puasa Ramadhan sendiri adalah menahan hawa nafsu yang dimulai sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya atau waktu maghrib.
 

 

 
Jika telah memasuki pada waktu Maghrib pun umat Islam dianjurkan untuk dapat menyegerakan melaksanakan buka puasa Ramadhan yang nantinya akan dapat dilakukan.
 
 
Lebih lanjut, sebelum melakukan buka puasa Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk dapat melafalkan bacaan doa terlebih dahulu.
 
Dengan membaca doa menjelang buka puasa Ramadhan tersebut memilii keutamaan sebagai salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.
 

 

 
Selain itu, membaca doa menjelang buka puasa Ramadhan juga menjadi adab dalam melaksanakan ibadah puasa tersebut.
 
Selengkapnya, maka berikut merupakan bacaan doa menjelang buka puasa Ramadhan yang dapat dilafalkan nantinya:
 
 
Bacaan Doa Menjelang Buka Puasa Ramadhan
 
Bahasa Arab:
 
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
 

 

 
Latin:
 
Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.
 
Artinya Bahasa Indonesia:
 
“Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”
 
 

 

 
Demikianlah informasi mengenai bacaan doa menjelang buka puasa Ramadhan lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahan artinya dalam Bahasa Indonesia.***

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x