Apakah Berkumur Saat Wudhu Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan 2023? Berikut Penjelasan dan Hukumnya

- 26 Maret 2023, 15:10 WIB
Ilustrasi penjelasan berkumur saat wudhu bisa membatalkan puasa bulan Ramadhan 2023 atau tidak lengkap hukumnya.
Ilustrasi penjelasan berkumur saat wudhu bisa membatalkan puasa bulan Ramadhan 2023 atau tidak lengkap hukumnya. /Pixabay/PIXABAY/mucahityildiz

BERITA DIY - Pada bulan Ramadhan 2023 ini, umat Muslim menjalankan ibadah wajib yakni puasa selama satu bulan penuh. Puasa Ramadhan 2023 merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan semua umat Islam sedunia.

Definisi puasa itu sendiri adalah menahan diri dari dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkannya. Saat melaksanakan puasa Ramadhan 2023, umat Muslim harus menjaga puasanya agar tidak batal.

Lantas apakah berkumur saat wudhu dapat membatalkan puasa Ramadhan 2023? Simak penjelasan berkumur saat wudhu bisa membatalkan puasa bulan Ramadhan 2023 atau tidak lengkap hukumnya dalam artikel ini.

Salah satu sunnah dalam berwudhu atau perbuatan mensucikan diri dari hadas kecil saat hendak melaksanakan salat adalah dengan berkumur sebanyak tiga kali.

Baca Juga: Apakah Muntah Membatalkan Puasa Ramadhan? Ini Kriteria Muntah yang Bikin Puasa Batal

Saat melaksanakan puasa Ramadhan 2023, apakah berkumur bisa membatalkan puasa? jawabannya adalah tidak.

Dikutip dari laman Universitas Islam An-Nur Lampung, berkumur yang tidak berlebihan tidak membatalkan puasa. Hal itu dijelaskan dalam kutipan buku yang ditulis oleh Imam Zakariyah Al-Anshari.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub