Apakah Menggunakan Obat Tetes Mata Dapat Membatalkan Puasa, Bagaimana Hukum yang Berlaku? Ini Penjelasannya

- 26 Maret 2023, 13:50 WIB
Ilustrasi - Penjelasan apakah menggunakan obat tetes mata dapat membatalkan puasa, bagaimana hukum yang berlaku, apakah puasa tetap dapat dilanjutkan.
Ilustrasi - Penjelasan apakah menggunakan obat tetes mata dapat membatalkan puasa, bagaimana hukum yang berlaku, apakah puasa tetap dapat dilanjutkan. /PEXELS/Tima Miroshnichenko

BERITA DIY - Simak penjelasan apakah menggunakan obat tetes mata dapat membatalkan puasa, bagaimana hukum yang berlaku, apakah puasa tetap dapat dilanjutkan.

Puasa memiliki aturan tersendiri agar ibadah ini dianggap sah dan mendapat  pahala secara utuh. Banyak hal yang dapat membatalkan puasa, misalnya memasukkan sesuatu ke dalam tubuh secara sengaja, haid hingga keluar air mani.

Lantas apakah menggunakan obat tetes mata dapat membatalkan puasa, bagaimana hukum yang berlaku, bolehkah puasa tetap dilanjutkan hingga waktu berbuka?

Puasa menjadi salah satu amal ibadah sunnah hingga wajib yang siapa yang mengerjakan akan mendapat pahala bagi umat muslim. Saat ini umat Islam sedang menjalankan puasa wajib Ramadhan 2023.

Baca Juga: Hukum Mencicipi Makanan Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Ulama dan Hadis Nabi Puasa Batal Atau Tidak

Agar puasa dapat selesai sesuai dengan syariat Islam, maka Anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasa, termasuk apakah memakai obat tetep mata juga dapat membatalkannya.

Sejak terbit fajar hingga tenggelamnya matahari atau datangnya waktu maghrib, seorang muslim harus menjaga diri dari untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Jika hal tersebut dilanggar, tentu saja puasanya akan menjadi batal.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: MUI Kota Medan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x