Hukum Memotong Kuku Ketika Puasa Ramadhan, Boleh atau Tidak? Ini Penjelasan dan Cara Potong Kuku Sesuai Sunnah

- 26 Maret 2023, 11:20 WIB
Ilustrasi- Memotong kuku, penjelasan hukum memotong kuku ketika berpuasa Ramadhan boleh atau tidak, ini penjelasan dan cara potong kuku sesuai sunnah.
Ilustrasi- Memotong kuku, penjelasan hukum memotong kuku ketika berpuasa Ramadhan boleh atau tidak, ini penjelasan dan cara potong kuku sesuai sunnah. /Pixabay.com/@Carola68
 
BERITA DIY - Simak penjelasan hukum memotong kuku ketika berpuasa Ramadhan boleh atau tidak, ini penjelasan dan cara potong kuku sesuai sunnah.
 
Memotong kuku merupakan perkara yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, selain untuk menjaga kebersihan, dan juga agar terhindar dari penyakit.
 
Namun bagaimana hukum memotong kuku ketika berpuasa Ramadhan? Apakah boleh atau malah dilarang, simak penjelasannya di sini.

Dilansir BERITA DIY dari laman NU JATIM, bahwa Nabi Muhammad SAW telah memberikan contoh kepada umatnya agar memotong kuku, mencukur bulu kemaluan, dan mencabut ketiak tidak lebih dari 40 hari. 

 
 
Nabi Muhammad SAW bersabda:
 

 
"Perkara fitrah ada lima yaitu Berkhitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak," (HR. Bukhari 5891 dan Muslim 258).
 
Lantas bagaimana jika masuk pada bulan Ramadhan, apakah boleh untuk memotong kuku? 
 
Hukum Memotong Kuku Ketika Puasa
 
Memotong kuku pada saat puasa Ramadhan merupakan suatu tindakan yang diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa, karena merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.
 

 
 
Sementara itu juga merujuk pada hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperi makan minum, haid, nifas, dan melahirkan.
 
Maka dari itu, barang siapa yang tidak memotong kuku, maka ia termasuk orang yang mengabaikan masalah fitrah.
 

 
Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:
 
"Barang siapa memotong kukunya dengan cara tidak berututan, atau secara berlawanan, maka tidak akan mengalami sakit mata." (HR. Ibnu Qudaamah)
 
 
Sedangkan memotong kuku sendiri juga mempunyai cara yang disunnahkan dari para ulama seperti Imam al Ghazali dan Imam an Nawawi.
 

 
Cara Potong Kuku Sesuai Sunnah
 
1. Imam al Ghazali
 
Imam al Ghazali berpendapat bahwa memotong kuku bisa diawali dari jari telunjuk kanan, lalu jari tengah, dan menuju kelingking. Dilanjutkan jari kelingking kiri dan berakhir pada ibu jari tangan kanan.
 
2. Imam an Nawawi
 
Menurut Imam an Nawawi, memotong kuku bisa diawali dari jari tengah tangan kanan menuju kelingking, dan dilanjutkan ibu jari.
 

 
 
Setelah itu untuk tangan kiri, bermula dari jari kelingking, dilanjutkan jari manis, dan berjalan menuju ibu jari tangan kiri.
 
Demikianlah penjelasan hukum memotong kuku ketika berpuasa Ramadhan boleh atau tidak, ini penjelasan dan cara potong kuku sesuai sunnah.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x