Ini Hukum dan Dalil Mencicipi Makanan saat Puasa Ramadhan, Bolehkah?

- 23 Maret 2023, 16:10 WIB
Ilustrasi. Simak hukum mencicipi makanan saat puasa yang kerap menjadi pertanyaan ibu-ibu atau tukang masak selama bulan Ramadhan.
Ilustrasi. Simak hukum mencicipi makanan saat puasa yang kerap menjadi pertanyaan ibu-ibu atau tukang masak selama bulan Ramadhan. /PIXABAY/Juan Pablo Serrano Arenas

BERITA DIY – Salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan bagi umat Islam dalam bulan puasa Ramadhan adalah hukum mencicipi makanan saat sedang berpuasa.

Biasanya, pertanyaan ini muncul dari kalangan tukang masak atau ibu-ibu yang harus menyiapkan makanan dan minuman saat berbuka puasa.

Hal ini kerap muncul ketika seseorang lupa apa saja yang telah dimasukkan ke dalam masakan dan ingin mencicipi makanan untuk mengoreksi rasanya.

 

Perasaan khawatir lalu muncul yang membuat hati penuh keraguan mengenai apakah mencicipi makanan saat puasa akan membatalkan ibadah tersebut. 

 Baca Juga: AG atau Kekasih Mario Resmi Dilimpahkan ke Kejaksaan, Ini Pasal yang Menjerat AG di Kasus Penganiayaan David

Membicarakan puasa Ramadhan tentu tidak lepas dari aktivitas buka puasa dan sahur yang wajib dilakukan oleh umat Islam selama berpuasa.

Namun kaum ibu atau tukang masak seperti chef atau koki yang harus mencicipi makanan saat berpuasa tidak perlu panik karena hukum mengenai hal tersebut sudah ditentukan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: NU Jatim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x