Bacaan Niat Sholat Witir Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya 1 atau 2 Rakaat untuk Sendiri

- 22 Maret 2023, 17:05 WIB
Bacaan niat sholat witir dalam bahasa Arab, latin, dan artinya, hapalkan untuk ibadah sholat tarawih setiap malam selama bulan Ramadhan.
Bacaan niat sholat witir dalam bahasa Arab, latin, dan artinya, hapalkan untuk ibadah sholat tarawih setiap malam selama bulan Ramadhan. /PIXABAY/Michael Burrows

BERITA DIY – Berikut bacaan niat sholat witir dalam bahasa Arab, latin, dan artinya yang wajib diketahui oleh umat Islam menjelang ibadah puasa dan sholat tarawih di bulan Ramadhan.

Sholat witir adalah ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan setelah mengerjakan sholat sunnah Qiyamul Lail atau sholat lainnya pada malam hari.

Sholat witir umumnya menjadi penutup dari ibadah Qiyamul Lail seperti sholat tahajud, hajat, hingga sholat tarawih yang dilakukan setiap malam selama bulan Ramadhan.

Mengenai banyaknya rakaat, baiknya sholat witir dilakukan menurut kemampuan masing-masing. Yang menjadi patokan adalah jumlahnya yang ganjil mulai dari satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, hingga seterusnya.

Baca Juga: 5 Keutamaan Bulan Ramadhan Selain Lailatul Qadar 10 Nama Lain Ramadhan Belum Diketahui Seperti Syahrul Muwasah

Lebih lanjut, Rasulullah SAW menekankan umat Islam untuk mendirikan sholat witir sebagai pelengkap ibadah malam dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud yang berbunyi:

 

 قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَلْوِتْرُ حَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فَمَنْ اَحَبَّ اَنْ يُوْتِرَ بِخَمْسٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ اَحَبَّ اَنْ يُوْتِرَ بِثَلَاثٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ اَجَبَّ اَنْ يُوْتِرَ بِوَاحِدَةٍ فَلْيَفْعَلْ

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah