Niat Mandi Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya, Ini Hukum Mandi Puasa Ramadhan

- 22 Maret 2023, 15:50 WIB
Ilustrasi Niat mandi puasa Ramadhan lengkap arab, latin, dan terjemahannya, Ini hukum mandi puasa Ramadhan, cek di sini.
Ilustrasi Niat mandi puasa Ramadhan lengkap arab, latin, dan terjemahannya, Ini hukum mandi puasa Ramadhan, cek di sini. /Pixabay/@pinterastudio

BERITA DIY – Simak informasi niat mandi puasa Ramadhan lengkap arab, latin, dan terjemahannya, Ini hukum mandi puasa Ramadhan. Tata cara tersedia di sini.

Umat muslim sebelum menjalankan puasa dapat terlebih dahulu mandi sebelum puasa Ramadhan. Di mana mandi sebelum puasa Ramadhan bertujuan untuk menyucikan diri dari hadas besar maupun kecil.

Mandi sebelum puasa Ramadhan biasanya dilaksanakan pada sore hari sebelum sholat tarawih. Pada artikel ini terdapat niat mandi puasa Ramadhan dalam arab dan latin.

Anjuran untuk mandi sebelum menjalankan puasa Ramadhan terdapat pada penjelasan Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri.

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya, Lengkap dengan Waktu Terbaik Kapan Dibaca

Berikut isi dari tulisan Hasyiyah al-Bajuri (1/81) yang menganjurkan untuk mandi puasa Ramadhan:

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده
الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك

Artinya: Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,.. dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub