Hukum Muncul Flek Coklat Setelah Haid Bolehkah Sholat Tarawih dan Puasa Ramadhan?

- 21 Maret 2023, 17:25 WIB
Ilustrasi. Simak hukum sholat dan puasa jika muncul flek coklat setelah haid dari hadis sabda Rasulullah SAW dan penjelasan para ulama untuk muslimah.
Ilustrasi. Simak hukum sholat dan puasa jika muncul flek coklat setelah haid dari hadis sabda Rasulullah SAW dan penjelasan para ulama untuk muslimah. /pexel.com/Sora Shimazaki

BERITA DIY - Berikut pengetahuan bagi muslimah umat Islam, apakah boleh sholat tarawih dan puasa Ramadhan saat muncul flek coklat setelah haid.

Banyak muslimah yang mempertanyakan hukum sholat sunnah seperti tarawih dan wajib lima waktu serta puasa jika setelah haid vagina masih mengeluarkan flek coklat.

Ada muslimah yang menganggap flek coklat adalah flek biasa seperti tanda keputihan, ada pula yang menyadari jika hal tersebut adalah ciri-ciri penyakit.

 

Lantas, apa pendapat ulama perihal munculnya flek coklat setelah haid selesai yang dialami oleh muslimah, bagaimana hukum sholat dan puasanya?

Baca Juga: Al Baqarah 185: Syahru Romadhona Alladzi Unzila Fihil Quran Artinya Bulan Ramadhan Itu Apa?

Apakah boleh sholat jika muncul flek coklat setelah haid?

Para ulama berpendapat bahwa flek coklat yang muncul setelah haid adalah bagian dari warna darah. Oleh karenanya ada dua pendapat mengenai hukumnya.

Pertama, hukum beribadah saat muncul flek coklat saat haid karena dianggap sebagai darah haid adalah haram, tidak diwajibkan melakukan ibadah sebelum bersih dan mandi wajib.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x